Pemicu Berat Badan Anak Berlebih yang Sering Tak Disadari

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  13 Maret 2020 08:02

Coba lihat kembali pola asuh sehari-hari.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Melihat anak dengan pipi tembam dan jari-jari yang gendut memang sangat menggemaskan. Sebaliknya, saat ada anak yang kurus, kita kerap merasa ada yang kurang dalam kesehatan dan nutrisinya.

Hal ini sering membuat orangtua bimbang jika anaknya tidak gemuk, dan sebaliknya, menimbulkan kebanggaan jika anaknya gemuk. Padahal, keyakinan tersebut tidak sepenuhnya benar. Berat badan berlebih pada anak tidak selalu berarti sehat, sebaliknya dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Menurut Ahli Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Ita Rosita, kegemukan terjadi akibat asupan energi lebih tinggi daripada energi yang dikeluarkan. Asupan energi tinggi disebabkan oleh konsumsi makanan sumber energi dan lemak tinggi, sedangkan pengeluaran energi yang rendah disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik dan sedentary lifestyle.

“ Sedentary lifestyle merupakan gaya hidup yang tidak aktif atau tak banyak bergerak dan terlalu banyak dihabiskan dengan duduk atau berdiam diri saja. Orang dengan gaya hidup sedentary ini biasanya hanya menghabiskan waktu dengan duduk atau berbaring,” kata Ita, seperti dikutip dari Liputan6.com.

 

Selanjutnya : Dipengaruhi Pola Asuh
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :