Payudara Keluarkan Cairan Kuning Saat Hamil, Normalkah?

Ibu hamil (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  10 Juni 2019 10:10

Cairan tersebut bisa keluar di usia kehamilan 5 atau 6 bulan.

Reporter :

Dream - Kehamilan membawa perubahan besar pada tubuh kaum hawa. Untuk para ibu yang mengandung anak pertama, mungkin akan terheran dengan perubahan tubuh yang sangat drastis, terutama di bagian payudara.

Ukurannya membesar, bagian puting menghitam, kadang muncul rasa nyeri. Pada beberapa ibu, bahkan sudah keluar cairan dari payudara saat hamil. Tak perlu kaget jika cairan sudah keluar dari putih saat masih hamil.

Cairan tersebut bisa keluar di usia kehamilan 5 atau 6 bulan. Warnanya bisa keruh atau kekuningan, yang merupakan kolostrum. Kolostrum ini sangat tinggi akan protein dan mengandung antibodi yang melindungi bayi dari infeksi selama beberapa hari pertama lahir dunia.

Ibu tak bisa menghentikan keluarnya cairan tersebut karena memang respons tubuh untuk 'memproduksi' makanan bayi bayi. Kondisi ini sangat normal, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jika cairan yang keluar cukup banyak, kenakan breast pad atau penyerap ASI yang banyak dijual di pasar. Ada yang sekali pakai dan ada yang berbentuk bantalan dan bisa dicuci.

Perhatikan warna cairan yang keluar dari payudara, jika kuning atau keruh pertanda cairan awal ASI. Jika muncul darah harus segera berkonsultasi dengan dokter, bisa jadi ada infeksi di payudara atau mungkin tumor.

Sumber: Parents

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :