Cara Mandikan Bayi Baru Lahir, Ternyata Tak Perlu Setiap Hari

Ilustrasi Foto : Shutterstock
DO IT YOURSELF  |  2 Mei 2020 10:34

Ternyata bayi baru lahir tak perlu mandi setiap hari.

Reporter : Reni Novita Sari

Seberapa Sering Memandikan Bayi Baru Lahir?

Ternyata, bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan tiap hari. Cukup 2-3 kali seminggu dapat membuat bayi tetap bersih dan sehat.

Anjuran tersebut erat kaitannya dengan kulit bayi yang masih sensitif. Jika dimandikan terlalu sering, dikhawatirkan kulitnya akan menjadi kering dan mudah terkena infeksi kulit, seperti eksem atau dermatitis dan ruam popok.

Menentukan waktu yang tepat untuk memandikan bayi juga penting. Sebetulnya orangtua dapat memandikan bayi kapan saja, asalkan bukan di waktu bayi seharusnya menyusu atau sesaat setelah menyusui. Ini penting agar bayi tidak rewel saat dimandikan.

Suhu ruangan dan suhu air juga harus diperhatikan agar bayi tetap hangat. Ingat, ya, Bunda, bahwa bayi masih belum bisa mengatur tubuhnya sendiri.

Selain itu, jangan berlama-lama memandikan bayi, maksimal 10 menit. Lebih dari itu, kulitnya bisa jadi kering dan bayi bisa kedinginan.

Biasanya, waktu terbaik untuk mandi bayi adalah saat pagi hari. Hal ini karena setelah mandi, bayi langsung dijemur di bawah paparan matahari agar suhu tubuhnya kembali hangat.

Meski begitu, memandikan bayi di sore hari pun sebenarnya tidak jadi masalah. Hal yang terpenting bayi tidak kedinginan sebelum dan setelah dimandikan.

Direkomendasikan untuk memandikan bayi tiga kali seminggu sampai bayi berusia satu tahun. Cukup bersihkan daerah area popok dengan benar setiap penggantian popok.

 

Selanjutnya : Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memandikan Bayi
Streaming Video Mike Tyson & Badou Jack Salat Berjamaah Tuai Kritik
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :