Pandemi Covid-19 Bikin Anak Berisiko 'Malnutrisi Sosial'

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  23 April 2021 10:00

Tak ada yang mampu menggantikan proses belajar dari sentuhan, kontak mata dan pengalaman langsung.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Bagi banyak orangtua, salah satu efek dari pandemi Covid-19 yang cukup merisaukan bukan hanya risiko penularan tapi juga soal kesehatan mental anak. Khususnya, karena akses anak bertemu banyak orang untuk belajar bersosialisasi jadi sangat minim.

Anak harus belajar di sekolah, tak ada interaksi dengan teman dan guru secara tatap muka. Memang, masih bisa berkomunikasi melalui teknologi, tapi tak ada yang mampu menggantikan proses belajar dari sentuhan, kontak mata dan pengalaman langsung.

Ontario Medical Association (OMA), Kanada baru saja membahas dampak jangka panjang pandemi pada kesehatan fisik dan mental anak-anak. Salah satu risiko yang muncul karena pandemi pada anak adalah 'malnutrisi sosial'.

" Penghentian dan pembelajaran virtual telah menghilangkan rutinitas dan struktur dari rutinitas anak, dan menyebabkan isolasi sosial. Kami menciptakan istilah malnutrisi sosial," kata Saba Merchant, dokter anak dan pemilik Klinik Maple Kidz di Vaughan, Ontario, dikutip dari Today Parents.

 

Selanjutnya : Kesehatan Mental Anak
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :