Pakai Korset Saat Hamil, Ternyata Ini Manfaatnya

Korset ibu hamil/ Foto: Shutterstock
DO IT YOURSELF  |  22 April 2021 08:03

Ibu hamil bisa menggunakan korset saat hamil besar.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Hamil membuat bobot tubuh ibu bertambah drastis hanya dalam hitungan bulan. Tak heran kalau ibu kerap mengalami keluhan nyeri pada pinggang, punggung hingga tulang di area intim.

Saat harus melakukan banyak aktivitas fisik, biasanya ibu hamil mengalami nyeri dan pegal yang lebih hebat. Nah, korset hamil bertindak untuk mengurangi pegal. Bisa juga sebagai lapisan untuk membantu menutupi area kulit yang terbuka saat perut semakin mengembang.

Beberapa jenis yang lain memberikan kompresi ringan dan menawarkan elemen penopang pada pinggul dan punggung bawah. Penggunaan korset saat hamil, juga memiliki fungsi sebagai berikut.

- Membantu Menjaga Postur Tubuh yang Benar
Korset hamil bisa membantu menstabilkan perut dan punggung bawah dengan mengurangi sebagian berat perut dan pada malam hari keluar dari pusat gravitasinya.

- Menurunkan Risiko Terjatuh
Sebuah studi dari Observational Study menemukan bahwa memakai korset hamil bisa meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh selama kehamilan.

- Mengurangi Beberapa Sakit dan Nyeri
Penelitian Journal of Clinical Nursing menemukan bahwa memakai korset hamil bisa mengurangi intensitas rasa nyeri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan korset saat hamil. Sebaiknya hindari penggunaan saat cuaca panas. Lalu, sebaiknya tidak digunakan lebih dari dua sampai tiga jam. Selengkapnya baca di Diadona.id. 

 

 

Selanjutnya : Gym Ball Bisa Bantu Redakan Nyeri Punggung Ibu Hamil
Video Podcast #AninBincangSG - Ramadan in Singapore
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :