Operasi Caesar Tak Terencana Tingkatkan Risiko Baby Blues

Do It Yourself | Selasa, 19 Maret 2019 08:11
Operasi Caesar Tak Terencana Tingkatkan Risiko Baby Blues
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Banyak faktor yang membuat ibu mengalami depresi setelah melahirkan.

Dream - Kondisi psikologis ibu pasca melahirkan penting untuk diperhatikan. Perubahan aktivitas sehari-hari yang drastis, kondisi hormon yang belum stabil, serta tanggung jawab baru dan tekanan dari lingkungan untuk jadi ibu sempurna, kerap membuat ibu mengalami depresi atau 'baby blues'.

Bagi ibu yang menjalani persalinan melalui operasi caesar tanpa rencana, ternyata risikonya mengalami depresi lebih tinggi. Hal tersebut dibandingkan dengan para ibu yang melahirkan secara normal atau operasi secara terencana.

Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan tim dari University of York, Inggris. Ada perbedaan antara operasi caesar yang direncanakan dan yang tidak direncanakan.

" Operasi cesar yang tak direncanakan biasanya karena ada komplikasi, baik itu pada ibu maupun bayi. Hal ini memicu rasa panik, stres hingga depresi pada ibu," ujar Valentina Tonei, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Moms.com

Operasi yang tak terencana juga tentu akan membuat biaya tambahan. Dampaknya tentu sangat besar bagi keuangan keluarga. Ibu pun akan ikut memikirkannya dan bisa memicu masalah psikologis.

Penelitian ini dilakukan pada 5.000 perempuan yang baru pertama kali menjadi ibu dari UK Millennium Cohort Study. Tonei dan timnya pun meminta banyak pihak untuk memberi perhatian dan konseling pada ibu seteah melahirkan terutama yang menjalani operasi caesar tak direncanakan.

Join Dream.co.id