Ocehan Bayi Jadi Momen Penting Si Kecil Belajar Bicara

Ilustrasi
DO IT YOURSELF  |  4 Mei 2021 14:03

Anak akan lebih fokus dan berusaha mengerti sekelilingnya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Mendengar bayi mengoceh dengan bahasanya sendiri terdengar sangat menggemaskan. Memang kita tak bisa mengerti yang si kecil maksud, tapi biasanya orangtua selalu menanggapi. Bisa dengan menengok, mengangguk atau ikut mengajaknya berbicara.

Rupanya, ketika bayi mengoceh, mereka mungkin memberi tahu orangtua bagaimana cara berbicaranya. Tim peneliti dari Cornell University mengungkap kalau ocehan bayi sangat membantunya belajar berbicara. Dari penelitian juga diketahui bahwa ketika bayi mengoceh, mereka dapat mengubah cara orang tua berinteraksi dengan mereka untuk memaksimalkan potensi belajar.

“ Bayi sebenarnya membentuk lingkungan belajar mereka sendiri dengan cara yang membuat belajar lebih mudah dilakukan,” kata Steven Elmlinger, salah satu peneliti, dikutip dari Fatherly.

Saat orangtua menggunakan cara bicara yang diarahkan pada bayi, atau dikenal sebagai 'pembicaraan bayi', hal itu memfasilitasi pembelajaran. Kalimat yang lebih pendek, kata-kata yang lebih sederhana, dan ucapan yang lebih lambat dan lebih diucapkan dengan nada yang lebih tinggi telah terbukti membantu memberi isyarat kepada bayi bahwa inilah saatnya untuk fokus, dan meletakkan dasar untuk pembelajaran bahasa.

 

Selanjutnya : Ocehan Jadi Belajar
Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :