'Nintendoitis', Cedera Otot Anak Saat Terlalu Banyak Main Games

Anak bermain game konsol/ foto: shutterstock
DO IT YOURSELF  |  7 Januari 2021 08:02

Tak bisa melakukan banyak aktivitas, gadget dan video games jadi andalan bagi anak sebagai sumber hiburan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Beri Durasi Maksimal

Fakta lainnya, semakin kecil usia anak bermain game konsol, mereka juga semakin rentan terhadap rasa sakit. Penelitian ini dilakukan oleh dr. Yusuf Yazici, seorang ahli reumatologi di Rumah Sakit Universitas New York dan timnya. Ia mencurigai hal ini ada hubungannya dengan fakta bahwa otot dan tendon anak masih dalam tahap perkembangan.

“Semakin kecil anak, semakin banyak rasa sakit yang mereka alami, terlepas dari berapa lama mereka bermain setiap hari,” ujar Yazici dikutip dari Fatherly.

Bermain video game dalam waktu lama dapat menyebabkan cedera stres yang berulang, seperti carpal tunnel syndrome atau tendonitis. Termasuk duduk dalam satu posisi selama berjam-jam menekan tombol berulang-ulang pada pengontrol game dapat menyebabkan nyeri dan peradangan berulang, dan tanpa pengobatan dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Peradangan adalah mekanisme pertahanan tubuh sebagai respons terhadap cedera atau penggunaan berulang. Jenis peradangan sendi akut yang terjadi dari "Nintendoitis", "Playstation Thumb", dan cedera terkait video game lainnya sangat besar karena serangannya tidak kentara dan dapat tidak terdeteksi sampai kondisinya menjadi lebih parah.

Tanda-tanda peradangan akut akibat cedera antara lain kemerahan, bengkak, nyeri, sulit bergerak, dan panas atau hangat yang berasal dari daerah yang terkena. Untuk itu, pastikan jika anak bermain game konsol, buat durasi maksimal. Jangan sampai lebih dari satu jam, terutama anak di bawah 10 tahun.

Selanjutnya : Dibelikan Mainan Mahal tapi Si Bayi Lebih Suka Main Kardusnya, Mengapa?
Lesti Kejora - Rizky Billar Part 2 | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 10
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :