Ngeri! Bayi 37 Hari Telan Tiga Paku Tajam

Do It Yourself | Jumat, 8 Juni 2018 18:06
Ngeri! Bayi 37 Hari Telan Tiga Paku Tajam

Reporter : Mutia Nugraheni

Tim dokter harus putar otak mencari prosedur paling aman untuk mengeluarkan paku dari saluran cerna bayi.

Dream - Sungguh sangat mengerikan kasus seorang bayi di China. Bayi yang diketahui berusia 37 hari menelan 3 buah paku. Insiden ini bisa terjadi karena paku-paku tersebut dimainkan sang kakak dan diberikan pada si adik bayi.

Sang ibu mengungkap kalau sedang tak mengawasi ketika hal tersebut terjadi. Insiden itu baru disadari ibunya, ketika mulut bayi terlihat berbusa dan sang kakak bercerita kalau baru memberikan adiknya paku.

Langsung saja si bayi dibawa ke sebuah rumah sakit kecil. Namun karena peralatan kurang lengkap akhirnya bayi malang tersebut dikirimkan ke rumah sakit yang lebih besar di Zhengzhou. Sederet pemeriksaan pun dilakukan oleh para ahli.

Dokter Li Xiaoqin, kepala divisi gastroenterologi di Rumah Sakit Anak Zhengzhou, provinsi Henan mengungkap kalau tim dokter harus melakukan prosedur yang cukup berisiko. Mereka menggunakan alat yang dilengkapi magnet untuk mengangkat paku di dalam perut.

 Dokter mengeluarkan paku dari perut bayi
© KidSpot

(Dokter mengeluarkan paku dari perut bayi/ Foto: KidSpot)

" Bayi memang bisa menjalani prosedur endoskopi, tetapi kami tidak akan dapat mengambil sekrup menggunakan instrumen terkecil yang ada," katanya.

Dokter akhirnya menggunakan alat gastroscope yang ukurannya 7,5-milimeter. Dokter sebenarnya khawatir alat tersebut terlalu tebal untuk bayi berumur 1 bulan.

" Prosedur ini tentu saja berisiko namun kami memutuskan ini lebih baik daripada melakukan operasi," ungkap Li.

Beruntung prosedur tersebut berhasil dilakukan. Paku yang berjumlah tiga buah berhasil dikeluarkan dan tak ada kerusakan di saluran pencernaan sang bayi.

Join Dream.co.id