Mulai Usia 40, Terjadi Perubahan Pada Organ Intim Pria

Do It Yourself | Kamis, 4 Maret 2021 14:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan kaget jika terjadi sederet perubahan ini.

Dream - Bertambahnya usia tak dipungkiri juga membawa perubahan pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Termasuk adanya perubahan pada area intim. Bagi kaum pria, saat memasuki usia 40, testis akan menghasilkan lebih sedikit testosteron.

Testosteron adalah hormon yang membantu penis tumbuh selama masa pubertas dan memicu dorongan seksual. Penurunan testosteron, bersama dengan hal-hal lain yang berkaitan dengan penuaan, dapat mengubah ukuran, bentuk, dan fungsi penis.

Ada perubahan yang terjadi pada penis seiring bertambahnya usia. Dikutip dari WebMD, berikut perubahan pada penis saat usia memasuki 40.

Menyusut
Penis akan menyusut. Ukuran penis yang mengecil mungkin disebabkan oleh kondisi yang berkaitan dengan usia, seperti tekanan darah tinggi atau penyumbatan pembuluh darah (arteriosklerosis), yang mengurangi aliran darah ke penis. Penurunan aliran darah, bersamaan dengan penurunan kadar testosteron, bisa membuat organ ini mengecil.

Bertambahnya berat badan juga membuat penis jadi tampak mengecil. Lipatan lemak perut menutupi sebagian penis, membuatnya terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya.

 

Mulai Usia 40, Terjadi Perubahan Pada Organ Intim Pria
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Melengkung

Luka kecil pada penis seperti aktivitas seksual yang intensif, olahraga, atau kecelakaan bisa membuat jaringan parut terbentuk. Pada usia 50-an atau 60-an, seorang pria dapat memiliki jaringan parut yang cukup untuk membuat penis bengkok atau melengkung saat ereksi.

Kondisi tersebut disebut penyakit Peyronie. Ini seringkali menyakitkan, dan bisa membuat seks menjadi tidak nyaman. Perawatan mulai dari suntikan hingga operasi dapat mengecilkan lekuk tubuh dan membuat seks lebih nyaman lagi.

 

3 dari 5 halaman

Testis menyusut

Testis juga menyusut seiring bertambahnya usia, hal ini karena berkurangnya testosteron. Cedera, aliran darah yang berkurang, dan penggunaan steroid anabolik (testosteron sintetis) juga dapat menyebabkan pengurangan ukuran. Testis yang lebih kecil terkadang bisa menjadi gejala kanker testis. Jika memiliki gejala lain, seperti bengkak, benjolan, atau rasa berat pada testis, segera konsultasi dengan dokter.

Kurang Sensitif
Penis secara alami mengalami penurunan sensitivitas seiring bertambahnya usia. Jadi mungkin butuh lebih banyak waktu, dan lebih banyak rangsangan, bagi pria untuk terangsang dan mencapai orgasme. Jika terjadi masalah, jangan menggeseknya terlalu keras karena akan membuat luka di kulit penis. Lebih baik konsultasi dengan dokter jika mengalami masalah ereksi.

Punya pertanyaan seputar kesuburan? Isi saja formulir ini, nantinya para dokter pakar kesuburan akan menjawab pertanyaan kamu di Instagram @Dreamcoid



4 dari 5 halaman

#DreamTestPack: Bagi yang Program Hamil Kurangi Makan Daging Berlemak

Dream - Memperbaiki pola hidup jadi lebih sehat sangat dianjurkan bagi pasangan yang ingin segera mendapat momongan. Sedang menjalani program hamil (promil) dengan pasangan?

Bisa memulainya dengan memperbaiki menu makanan sehari-hari. Dokter Upik Anggraheni P., Sp.OG-KFER dari RSPI (Rumah Sakit Pondok Indah) IVF Centre, memberikan panduan asupan nutrisi penting bagi Sahabat Dream yang ingin menjalani program hamil dalam #DreamTesPack.

" Kalau untuk promil sama prinsipnya seperti membangun rumah jadi bahannya harus berkualitas dong. Jadi nutrisi pra konsepsi tentunya penting, yang penting adalah pola hidup sehat," ujar dr Upik dalam video #DreamTestPack.

Penuhi kebutuhan tubuh akan makronutrien dan mikronutrien. Untuk makronutien seperti yang kita tahu ada karbohidrat, protein dan lemak.

" Karbohidratnya yang tinggi serat. Misalnya gandum, kacang-kacangan, bayam atau atau oatmeal. Untuk protein diusahakan protein nabati, seperti kacang-kacangan, karena banyak mengandung protein baik dan mudah diserap tubuh," kata dr. Upik.

Rupanya, jika ingin program hamil tak disarankan untuk mengonsumsinya banyak daging merah. Tak dilarang, tapi porsinya harus dibatasi.

" Daging boleh tapi mungkin dibatasi konsumsinya 60 sampai 65 gram sehari, hindari lemak yang ada di daging. Untuk lemak yang bagus bagaimana? Lemak yang utuh misalnya seperti susu, pilihnya jangan susu low fat," pesan dr. Upik.

 

5 dari 5 halaman

Penjelasan dr Upik Selengkapnya

 

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Punya pertanyaan seputar kesuburan? Isi saja formulir ini, nantinya para dokter pakar kesuburan akan menjawab pertanyaan kamu di Instagram @Dreamcoid

Join Dream.co.id