Menguak Peran Vital Bakteri Pada Imunitas Anak

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  26 November 2020 16:02

Pastikan kebutuhan probiotik anak terpenuhi dengan baik.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Selama ini kita memandang bakteri sebagai pemicu penyakit pada anak. Selalu muncul di tempat yang kotor dan sebisa mungkin harus dihindari agar terhindar dari penyakit.

Tak semua bakteri bersifat negatif, ada bakteri yang justru sangat dibutuhkan anak sejak lahir ke dunia, yaitu bakteri baik dan termasuk probiotik. Paparan bakteri baik yang cukup sejak anak lahir akan membentuk sistem imunitasnya. Hal ini dimulai dari proses persalinan.

" Anak yang dilahirkan pervaginam atau melalui vagina ibu secara normal, mendapat bakteri baik saat melalui jalan lahir. Bakteri ini akan sangat baik bagi imunitasnya. Sementara bayi yang lahir secara caesar, dianjurkan melakukan inisiasi menyusui dini, diletakkan di dada ibu kemudian menjilati kulit, hal ini juga akan membuat anak mendapatkan bakteri baik," kata dr. Frieda Handayani, SpA(K), dalam webinar 'Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna, yang digelar Kalbe pada 25 November 2020.

Setelah itu, bayi mendapat asupan air susu ibu yang kandungan probiotiknya sangat tinggi. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup berupa bakteri atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia.

 

Selanjutnya : Sistem Imunitas
BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Manisnya Boba
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :