Menguak Peran Vital Bakteri Pada Imunitas Anak

Do It Yourself | Kamis, 26 November 2020 16:02
Menguak Peran Vital Bakteri Pada Imunitas Anak

Reporter : Mutia Nugraheni

Pastikan kebutuhan probiotik anak terpenuhi dengan baik.

Dream - Selama ini kita memandang bakteri sebagai pemicu penyakit pada anak. Selalu muncul di tempat yang kotor dan sebisa mungkin harus dihindari agar terhindar dari penyakit.

Tak semua bakteri bersifat negatif, ada bakteri yang justru sangat dibutuhkan anak sejak lahir ke dunia, yaitu bakteri baik dan termasuk probiotik. Paparan bakteri baik yang cukup sejak anak lahir akan membentuk sistem imunitasnya. Hal ini dimulai dari proses persalinan.

" Anak yang dilahirkan pervaginam atau melalui vagina ibu secara normal, mendapat bakteri baik saat melalui jalan lahir. Bakteri ini akan sangat baik bagi imunitasnya. Sementara bayi yang lahir secara caesar, dianjurkan melakukan inisiasi menyusui dini, diletakkan di dada ibu kemudian menjilati kulit, hal ini juga akan membuat anak mendapatkan bakteri baik," kata dr. Frieda Handayani, SpA(K), dalam webinar 'Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna, yang digelar Kalbe pada 25 November 2020.

Setelah itu, bayi mendapat asupan air susu ibu yang kandungan probiotiknya sangat tinggi. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup berupa bakteri atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia.

 

2 dari 3 halaman

Sistem Imunitas

Probiotik berfungsi melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Anak yang memiliki level probiotik yang cukup, sistem imunitasnya akan berkembang optimal dan risiko alerginya jadi lebih rendah.

" Berbagai faktor dapat mempengaruhi perkembangan sistem imun pada bayi/anak, di antaranya adalah mikrobiota usus (saluran cerna). Sekitar 70– 80% sel imun terdapat di dalam usus sehingga mikrobiota saluran cerna berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat. Mikrobiota yang berperan adalah mikrobiota komensal (baik), bukan mikrobiota patogen (jahat),” ujar dr. Molly Dumakuri Oktarina, SpA(K) dalam kesempatan yang sama.

Kurangnya probiotik daalam saluran cerna anak bukan hanya bisa menimbulkan masalah pada organ pencernaannya. Sistem imunitasnya juga bisa terganggu, jadi mudah sakit. Bisa juga menghambat perkembangan kognitif dan membuat anak jadi sangat rewel.

 

3 dari 3 halaman

Asupan Kaya Probiotik

Asupan probiotik anak harus dipenuhi dengan baik melalui air susu ibu, bisa juga melalui makanan pendamping asi yang kaya probiotik seperti tempe, tahu atau yogurt. Pada anak yang kekurangan probiotik, orangtua sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak untuk mencari solusi.

Suplemen probiotik bisa jadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan probotik anak. Untuk pemberian suplemen ini, sebelumnya juga harus berkonsultasi dengan dokter. Kalbe memiliki produk suplemen probiotik yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Liprolac Baby.

Mengandung probiotik Bifidobacterium animalis subsp. lactis. Tersedia dalam bentuk obat tetes (oral drops ), bebas laktosa, bebas gluten, tanpa rasa dan pengawet serta praktis karena tidak perlu disimpan di kulkas.

Join Dream.co.id