Menguak Efek Dahsyat Saat Anak Main Kotor-kotoran

Do It Yourself | Senin, 3 Februari 2020 08:02
Menguak Efek Dahsyat Saat Anak Main Kotor-kotoran

Reporter : Mutia Nugraheni

Kesukaan anak bermain kotor-kotoran sebenarnya tak perlu dicegah

Dream - Si kecil suka bermain tanah, berguling di lantai, naik pohon, belum lagi main air di kubangan. Mengetahui anak bermain kotor-kotoran, kita kerap melarang dan langsung mengangkatnya.

Kesukaan anak bermain kotor-kotoran sebenarnya tak perlu dicegah. Sesekali, biarkan anak karena bermain kotor karena memiliki dampak penting baginya yang mungkin tak disadari orangtua. Simak manfaatnya.

Meningkatkan kesehatan
Semakin banyak peneliti yang menganjurkan bahwa kotoran adalah sesuatu yang dibutuhkan anak-anak. Dalam buku " Why Dirt Is Good: 5 Ways to Make Germs Your Friends" , ahli mikrobiologi dan imunologi Mary Ruebush, Ph.D., berpendapat bahwa paparan kotoran membantu anak-anak membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat yang akan memberikan perlindungan seumur hidup.

 

2 dari 6 halaman

Merangsang kemampuan motorik

Tanah di kaki dan tangan, suara burung, dan aroma rumput membuat pengalaman inderawi membantu anak belajar dan merangsang kemampuan panca inderanya secara maksimal. 
Penelitian menunjukkan bahwa ketika banyak indera dirangsang, otak lebih mungkin untuk mengingat apa yang sedang dipelajari.

Jadi, cobalah mengajarkan angka, warna, dan kata-kata baru dengan menggunakan bahan alami yang menggunakan banyak indera. Misalnya bunga yang wangi, batang yang kasar, atau belajar berhitung dengan bebatuan.

Sumber: VeryWell

3 dari 6 halaman

Sering Main di Luar Rumah, Bikin Emosi Si Kecil Lebih Sehat

Dream - Banyak orangtua yang khawatir jika anak-anaknya bermain di luar rumah. Takut anak terjatuh, terpapar bakteri atau mungkin diganggu orang jahat.

Penting diketahui kalau anak di bawah usia 10 tahun sangat membutuhkan aktivitas fisik di luar rumah. Bisa dengan bermain sepeda, lari-larian, main bola atau sekadar bermain di taman.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak-anak main di luar rumah atau di taman minimal satu jam sehari.

Main di luar sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional anak. Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan si kecil jika main di luar rumah setiap hari.

Apa saja?

 

4 dari 6 halaman

Menumbuhkan Gaya Hidup Aktif

Kebiasaan yang dipelajari di masa kanak-kanak seringkali adalah kebiasaan yang dibawa sampai dewasa. Anak aktif lebih mungkin menjadi orang dewasa aktif. Jadi mulailah sejak dini. Biasakan anak untuk selalu aktif secara fisik. Hal ini akan sangat berdampak pada kesehatan fisiknya kelak dan juga emosinya.

 

5 dari 6 halaman

Membangun Koordinasi Tangan dan Mata

6 dari 6 halaman

Memberikan Efek Menenangkan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa paparan terhadap alam dan suasana di luar rumah bisa menurunkan stres dan meningkatkan kestabilan emosional pada anak-anak dan orang dewasa. Aktivitas sehari-hari dapat menjadi stres bagi anak dan waktu yang dihabiskan di luar rumah dapat membantu memberikan keseimbangan.

 

Join Dream.co.id