Memberikan ASI Bisa Cegah Kematian Ibu, Kok bisa?

Do It Yourself | Kamis, 8 Agustus 2019 12:02

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tak hanya bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI juga berdampak besar bagi kesehatan ibu.

Dream - Pemberian Air susu ibu (ASI) secara eksklusif terus digalakkan oleh berbagai pihak. ASI merupakan nutrisi paling baik dan lengkap bagi bayi, yang akan sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Tak hanya bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI juga berdampak besar bagi kesehatan ibu. Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dalam acara Peringatan Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 bertema “ Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”"

" Banyak hormon yang dikeluarkan saat menyusui. Salah satunya adalah oksitosin yang berfungsi mengembalikan fungsi organ agar kembali normal setelah melahirkan dan mencegah perdarahan," kata Nila di Gedung Sujudi, Jakarta Selatan, Rabu 7 Agustus 2019.

Pemberian ASI menurut Nila juga dapat mencegah kematian ibu akibat perdarahan maupun infeksi. Selain itu, oksitosin yang dihasilkan saat menyusui bisa meningkatkan rasa senang dan bahagia. Hal ini tentu saja sangat baik bagi ibu untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mentalnya.

" Menyusui itu suatu kebahagiaan. Kontak fisik ketika menyusui bisa membuat ibu bahagia dan ASInya lancar," ungkap Nila

Manfaat tersebut bisa meningkat jika ada dukungan dari kepala keluarga. Perhatian yang diberikan oleh suami dapat membuat ibu semakin rileks dan proses menyusui jadi berjalan lebih lancar. Bukan bisa memberikan ASI sampai bayi berusia 6 bulan tapi hingga 2 tahun

" Peran ayah menjadi sangat penting untuk memberi perhatian pada ibu agar bahagia dan air susunya lancar dan bisa menjadikan anak lebih berprestasi," pesan Nila.

Memberikan ASI Bisa Cegah Kematian Ibu, Kok bisa?
Ibu Menyusui (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Makanan Super bagi Ibu Menyusui, Dijamin ASI Lancar

Dream – ASI merupakan salah satu makanan yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Makanan utama bayi yang baru dilahirkan adalah ASI (Air Susu Ibu).

Untuk itu bagi para ibu, setelah melahirkan sebaiknya tetap menjaga pola makannya agar dapat memproduksi ASI yang berkualitas.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan untuk melakukan pemberian ASI eksklusif pada bayi hingga berumur 2 tahun. Hal ini dikarenakan ASI dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit pada bayi seperti pneumonia dan diare. Selain itu, ASI juga sangat membantu si kecil dalam masa tumbuh kembangnya.

Namun saat ini, banyak dari para ibu yang mengalami permasalahan sulit keluarnya ASI tersebut. Padahal, ada berbagai cara untuk mengatasi keluarnya ASI yang sedikit tersebut. Salah satu caranya adalah menjaga pola makan tetap baik dan sehat.

Terdapat beberapa makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Penasaran? Berikut informasi mengenai makanan bagi ibu menyusui yang telah Dream rangkum dari berbagai sumber.

3 dari 6 halaman

Makanan bagi Ibu Menyusui: Ikan Salmon

Makanan bagi ibu hamil yang pertama adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki sejumlah kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan pada saat kehamilan dan juga pada saat menyusui.

 Rasa Ikan Salmon Makin Mantap dengan Olahan Tepat
© MEN

Kandungan vitamin B12 dan omega 3 yang sangat banyak di ikan salmon mampu membantu para ibu untuk mencegah depresi setelah melahirkan.

Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin juga dapat membantu para ibu menyusui untuk memperlancar produksi ASI. Kandungan ASI pada ibu yang mengkonsumsi ikan salmon akan jauh lebih bergizi daripada ASI yang lain sebab kandungan DHA pada ASI akan semakin tinggi.

4 dari 6 halaman

Makanan bagi Ibu Menyusui: Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik bagi para ibu. Kandungan vitamin D yang tinggi pada telur dapat membantu bayi dalam pembentukan tulangnya. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B kompleks dan berbagai mineral yang juga sangat bermanfaat bagi ibu menyusui.

 Makanan bagi Ibu Menyusui, Dijamin Asi Lancar
© shutterstock

Sebaiknya, pilih telur yang mengandung DHA cukup tinggi agar dapat kandungan asam lemak esensial yang tinggi juga. Telur yang mengandung omega 3 tinggi lah yang berisi DHA dan EPA tinggi daripada telur biasa.

5 dari 6 halaman

Makanan bagi Ibu Menyusui: Kacang-kacangan

Selain telur, kacang-kacangan juga merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Kandungan vitamin E dan omega 3 yang tinggi mampu membuat produksi ASI pada sang ibu akan lancar.

 Makanan bagi Ibu Menyusui, Dijamin Asi Lancar
© shutterstock

Sebaiknya kalian memilih jenis kacang-kacangan seperti misalnya kacang almond, kacang tanah dan kacang mede.

Jadikanlah kacang-kacangan sebagai camilan para ibu menyusui setiap harinya. Namun, tetap harus diperhatikan ya cara pengolahan kacang tersebut. Tetap memilih pengolahan yang baik dan bagus untuk kesehatan

6 dari 6 halaman

Makanan bagi Ibu Menyusui: Produk olahan susu

Produk susu atau produk olahan susu merupakan makanan yang penting bagi ibu menyusui. Kandungan kalsium, vitamin D, vitamin B, dan mineral yang tinggi dapat membantu para ibu untuk memberikan nutrisi yang baik bagi sang buah hati. Produk olahan susu yang dimaksud adalah yogurt dan keju.

 Makanan bagi Ibu Menyusui, Dijamin Asi Lancar
© shutterstock

Kalsium sangat dibutuhkan oleh bayi karena dapat membantu dalam perkembangan tulang dan gigi. Sedangkan, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam susu atau produk olahan susu dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang pada bayi.

Join Dream.co.id