Masih 14 Tahun, Bocah Ini Sudah Bergelar Sarjana Fisika

Do It Yourself | Selasa, 16 Mei 2017 14:04
Masih 14 Tahun, Bocah Ini Sudah Bergelar Sarjana Fisika
Carson (kiri) Saat Menerima Ijazah Dalam Upaca Wisuda.

Reporter : Mutia Nugraheni

"Ini bukan proses yang mudah, benar-benar tidak mudah. Tapi aku tahu aku sangat tergila-gila dengan Fisika".

Dream - Kebanyakan anak usia 14 tahun masih bersekolah di tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Tapi tidak dengan Carson Huey-You. Bocah asal Texas itu sudah melenggang di upacara wisuda dan berhak mendapat ijazah serta gelar sarjana Fisika dari Texas Christian University (TCU) Amerika Serikat.

Carson bisa dikatakan anak yang jenius meski ia tak suka dengan sebutan tersebut. Saat masuk kuliah, usianya masih 11 tahun. Kecintaannya pada matematika dan fisika memang sudah terlihat sejak Carson balita, atau tepatnya saat ia masih 3 tahun.

Menurut Claretta Kimp, sang ibu saat masih balita Carson sudah sangat penasaran dengan soal-soal matematika kelas 8 atau setara 2 SMP. Sejak saat itu Carson 'melahap' soal eksak yang rumit untuk seusianya. Carson pun 'lompat kelas' atau mengikuti akselerasi dan ia sudah lulus SMA di usia 10 tahun.

 Carson dan sang ibu, Claretta.© Washingtonpost

Carson mengungkap selama menempuh pendidikan di Universitas, ia juga mengalami banyak kesulitan. Seringkali ia mendapat nilai buruk dan membuatnya sangat sedih.

" Ini bukan proses yang mudah, benar-benar tidak mudah. Tapi aku tahu aku sangat tergila-gila dengan Fisika saat masih duduk di SMP. Lalu tema fisika quantum membuatku ingin mendalaminya, karena itu terlalu abstrak. Aku tak bisa benar-benar melihatnya, sehingga juga harus mengandalkan matematika dalam memahaminya, aku sangat penasaran," ujar Carson.

Selama menjalani perkuliahan, Carson mendapat pendampingan khusus dari Magnus L. Rittby, dekan dari TCU’s College of Science. Ritby bertugas sebagai mentor agar Carson bukan hanya bisa menjalani perkuliahan dengan baik tapi juga kondisi mentalnya dalam keadaan sehat.

" Tak ada orang yang ingin dilabeli jenius, itu tidak sehat. Kami selalu mengingatkan Carson hal yang dijalaninya adalah proses alami, ia harus belajar dan berusaha keras untuk lulus. Selain itu ia juga suka main piano dan belajar bahasa mandarin, yang merupakan hobinya," kata Rittby.

Saat senggang Carson ternyata suka sekali membaca novel fiks, novel favoritnya adalah The Lord of the Rings dan The Chronicles of Narnia. Bersama sang adik, Carson juga sering main catur dan Minecraft. Kini cita-cita Carson adalah menjadi seorang ahli fisika quantum, dan ia ingin melanjutkan pendidikan hingga bergelar doktor.

 

Join Dream.co.id