Masalah Ovulasi Bikin Sulit Hamil? Coba Senggama Terjadwal

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  12 Maret 2021 16:02

Bagi mereka yang tengah merencanakan kehamilan, penting untuk mengetahui kapan masa ovulasi ini.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Banyak faktor yang memicu kehamilan sulit terjadi. Salah satunya masalah ovulasi. Ovulasi merupakan proses saat sel telur yang telah matang keluar dari ovarium ke tuba falopi dan siap dibuahi.

Bagi mereka yang tengah merencanakan kehamilan, penting untuk mengetahui kapan masa ovulasi ini. Mengetahui waktu ovulasi akan membuat pasangan bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk berhubungan intim agar kehamilan bisa terjadi.

" Ovulasi itu jarak antara haid hari pertama dan hari berikutnya (yang keluar berupa darah). Cara mengetahuinya bisa melalui menghitung siklus 21-35 hari, melakukan pemeriksaan USG, pemeriksaan hormon progesteron, tes prediksi ovulasi atau test kit yang banyak di pasaran dengan memeriksa kadar Lh dalam urine," kata dr. Shanty Olivia Jasirwan, Sp.OG-KFER, dari RSPI IVF Center, dalam acara Media Discussion RSPI Group beberapa waktu lalu.

Pada pasangan yang belum mendapatkan keturunan meski sudah satu tahun berhubungan intim tanpa kontrasepsi, penting untuk melakukan pemeriksaan. Salah satu pemeriksaan dasar yang penting adalah siklus haid dan ovulasi.

 

Selanjutnya : Senggama Terjadwal
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :