Langkah Aman Meredakan Gejala Flu Saat Hamil

Do It Yourself | Senin, 10 Desember 2018 16:12
Langkah Aman Meredakan Gejala Flu Saat Hamil
Flu Berat (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan minum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Dream - Bersin terus-menerus, sakit kepala, suhu tubuh meningkat disertai nyeri tenggorokan. Kondisi cuaca yang sedang hujan terus menerus ditambah daya tahan tubuh yang menurun, membuat ibu hamil sangat rentan terpapar virus flu.

Gejala-gejala yang muncul tersebut tentunya sangat menyiksa. Apalagi, ibu hamil tak boleh minum obat sembarangan demi meredakan gejala flu. Dikutip dari Verywell, kehamilan memang bisa menurunkan level imunitas tubuh.

Saat terserang flu, demi membuat tubuh lebih nyaman cobalah lakukan beberapa langkah ini. Hindari mengonsumsi obat tanpa pengawasan dokter.

- Gunakan pembersih hidung
Untuk yang mengalami hidung tersumbat, bisa menggunakan cairan pembersih hidung beserta alatnya yang banyak dijual di pasaran. Bisa juga mandi air hangat atau menggunakan uap minyak kayu putih.

- Perbanyak cairan
Saat flu, sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan air. Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Bukan hanya dengan minum air putih, tapi juga mengonsumsi buka kaya vitamin dan air.

- Tidur dengan tumpukan bantal lebih tinggi
Untuk meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala cobalah istirahat lebih banyak dan berkualitas. Tumpuk bantal lebih tinggi dan nyalakan aromaterapi yang bisa memunculkan suasana rileksasi.

- Periksa ke dokter
Jika sudah sangat mengganggu, apalagi disertai demam tinggi segera periksakan ke dokter. Untuk meredakan gejala, dokter akan meresepkan obat-obat yang aman untuk ibu hamil.

Join Dream.co.id