Lakukan Pijatan Mudah Ini Demi Lancarkan Produksi ASI Dream

Do It Yourself | Sabtu, 4 Agustus 2018 17:32
Lakukan Pijatan Mudah Ini Demi Lancarkan Produksi ASI  Dream
Ibu Menyusui (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Area punggung tulang belakang menjadi pusat pijatan.

Dream - Produksi air susu ibu sangat dipengaruhi kondisi psikis. Untuk itu, bukan hanya harus mengonsumsi makanan bergizi namun juga menciptakan suasana relaksasi agar ASI selalu lancar.

Salah satu cara untuk memunculkan relaksasi adalah dengan pijat oksitosin. Pijatan ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara teratur pada ibu menyusui.

" Namanya pijat oksitosin. Pijatan ini merangsang hormon oksitosin atau love hormone (hormon cinta) untuk memproduksi ASI. ASI yang keluar pun banyak," ujar konsultan laktasi dan dokter spesialis anak, Ariani Dewi Widodo dalam acara Anmum #MumToMum beberapa waktu lalu.

Area punggung tulang belakang menjadi pusat pijatan. Selain untuk memperlancar ASI, pijatan juga membuat ibu menyusui hilang stres. Ini memberikan ibu kenyamanan untuk bersiap kembali memberikan ASI buat si kecil.

Ariani pun menjelaskan secara detail, yaitu ibu menyusui diminta duduk di kursi dengan posisi tubuh menghadap sandaran. Lengan memeluk sandaran kursi. Selanjutnya, si pemijat mulai menekan punggung tulang belakangnya.

" Pertama, cari bagian yang menonjol di punggung, dekat tengkuk. Dari titik yang menonjol, tarik (pijat) dengan jari ke bawah. Lalu tarik kedua jari ke bagian samping kiri-kanan tulang belakang," ungkap Ariani.

Untuk melakukan pijat oksitosin bisa dibantu oleh siapa saja, tapi Ariani menyarankan, pijat dilakukan pasangan.

" Sebenarnya justru direkomendasikan dilakukan dengan suami. Karena sentuhan pasangan kan beda. Ada sentuhan cinta dari suami," ungkap dokter yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta.

Hasil dari pijatan membuat ibu lebih rileks, santai dan tenang, bahkan bisa menurunkan level stres. Jika demikian akan sangat berdampak positif pada produksi ASI.

Sumber: Fitri Haryani/ Liputan6

Join Dream.co.id