Kreatifnya Para Guru Sulap Kelas Berkonsep Social Distancing

Do It Yourself | Kamis, 13 Agustus 2020 12:03
Kreatifnya Para Guru Sulap Kelas Berkonsep Social Distancing

Reporter : Mutia Nugraheni

Suasana kelas tak bisa seperti sebelumnya demi mencegah dan mengurangi risiko penularan Covid-19 secara signifikan.

Dream - Beberapa negara sudah mulai membuka sekolah, karena kasus Covid-19 dianggap sudah menurun. Seperti Vietnam, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat di beberapa negara bagian.

Tentunya kegiatan belajar di sekolah tak bisa dilakukan seperti sebelum pandemi. Sejumlah protokol kesehatan ketat, diterapkan. Antara lain setiap anak dan guru yang ke sekolah wajib menggunakan masker. Harus tersedia tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Suhu tubuh guru dan murid juga diperiksa setiap harinya. Satu hal yang sangat penting adalah menjaga jarak. Suasana kelas memang tak seperti sebelumnya. Tempat duduk murid harus berjarak minimal 1 meter.

Adaptasi pun dilakukan. Berikut beberapa tampilan kelas yang disulap oleh para guru dan sekolah untuk menerapkan social distancing.

2 dari 5 halaman

Kelas Payung

Kelas ini dibuat seperti di kafe. Tiap meja dipasangi pembatas transparan dan dilengkapi payung bagian atasnya demi mengurangi risiko penularan virus.

 Kelas Payung
© Lacy Jenkins

(Foto: Lacy Jenckins)

3 dari 5 halaman

Kelas Kotak Plastik

 Kelas Kotak Plastik
© instagram thenovicelibrarian

(Foto: Instagram thenovicelibrarian)

TIap meja siswa dipasangi pembatas plastik mika. Tiap meja pun diberi nama siswa dan tak boleh diduki anak lain. Sayangnya, jarak tiap meja masih sangat dekat.

4 dari 5 halaman

Jarak Meja Sangat Jauh

Untuk sekolah di tingkat sekolah dasar, tampilan kelas ini memang paling pas. Jarak antar meja yang digunakan anak sangat jauh. Kelas juga tak terlalu penuh, sayangnya tak ada pembatas seperti kaca atau mika dan anak tak mengggunakan masker.

 Kelas social distancing
© Wild coast Educator

Foto: Instagram Wildcost

 

5 dari 5 halaman

Kelas 2020

Tiap meja dilengkapi dengan kaca mika pembatas. Sayang, jaraknya terlalu dekat. Bisa diterapkan tapi jangan sampai kelas terlalu padat. Hanya bisa setengah murid yang masuk ke kelas ini.

 Kelas 2020
© Instagram Chelsea More

Foto: Instagram Chelsea

Join Dream.co.id