Kram Perut Tapi Sedang Tak Haid, Cari Tahu Penyebabnya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  29 September 2020 16:03

Bisa jadi ada masalah serius yang harus mendapat tindakan medis.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Nyeri atau kram di area perut dan pinggang merupakan keluhan yang sering dialami perempuan saat haid. Ada kalanya rasa kram muncul dan cukup mengganggu padahal sedang tidak datang bulan.

Kondisi tersebut harus dicermati. Jika terjadi terus-menerus dan semakin parah, harus memeriksakan diri ke dokter kandungan. Bisa jadi ada masalah serius yang harus mendapat tindakan medis.

“ Ada banyak hal yang terjadi di area panggul. Nyeri bisa berasal dari rahim, tetapi bisa juga karena masalah kandung kemih, usus, ovarium, saluran tuba, atau otot dan ligamen panggul," kata Sony S. Singh, seorang dokter kandungan dan profesor di Universitas Ottawa, dikutip dari Todays Parent.

Beberapa kemungkinan berikut bisa terjadi jika kamu mengalami kram saat tak datang bulan.

1. Kehamilan dini
Saat kehamilan berusia sekitar empat minggu (sekitar dua minggu setelah ovulasi), ibu bisa mengalami flek sebagai penandanya implantasi. Tahapan implantasi ini saat embrio ditanamkan ke dalam lapisan rahim.

Hal itu membuat ibu mengalami kram, biasanya ringan dan tidak bertahan lama. Flek atau muncul bercak di area intim kerap terjadi di awal kehamilan. Kram yang muncul juga merupakan hal normal, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

 

Selanjutnya : 2. Keguguran
Cara untuk Kurangi Risiko Penularan Covid-19 saat Liburan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Eksklusif! Ical DA, Percaya dengan Alat Makan Sendiri
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :