Kondisi Batuk Anak yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

Do It Yourself | Senin, 25 Desember 2017 12:35
Kondisi Batuk Anak yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter
Anak Batuk (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Batuk ini pertanda kalau penyakit yang dialami si kecil sangat butuh penanganan medis dengan terapi obat.

Dream - Batuk dan pilek jadi gangguan kesehatan yang sering terjadi pada anak-anak. Keduanya ini merupakan gejala penyakit tertentu yang bisa berupa penyakit ringan atau pun berat. Biasanya batuk dipicu virus atau alergi serta peradangan.

Memberikan obat pereda batuk bisa jadi solusi. Termasuk istirahat yang lebih lama, makan-makanan kaya gizi, serta konsumsi vitamin, biasanya bisa mmembantuk meningkatkan daya
tahan tubuh sehingga mempercepat tubuh anak-anak pulih dari batuk dan pilek.

Tapi Sahabat Dream, ada kondisi di mana batuk boleh dikatakan parah dan harus segera diperiksakan ke dokter. Batuk-batuk ini pertanda kalau penyakit yang dialami si kecil butuh penanganan medis dengan terapi obat.

Batuk keras sampai sulit bernapas
Anak tidur dengan hidung tersumbat tapi dia sudah tidur nyenyak selama beberapa jam. Tiba-tiba, terdengar apa yang terdengar napas tersengal dan batuk tertahan lalu kencang dan terus
menerus.

Saat diperhatikan si kecil terlihat bernapas lewat mulut, kelelahan karena hidungnya tersumbat. Batuk ini biasanya disebabkan virus yang menyebabkan radang di laring (kotak
suara) dan trakea (tenggorokan).

Batuk berdahak sampai kehilangan nafsu makan
Batuk si kecil terdengar penuh dahak kental. Hidungnya juga mengeluarkan air. Anak juga mengeluh sakit di tenggorokan, suhu tubuhnya naik meski tidak demam lalu matanya berarir.

Nafsu makannya juga hilang dan hanya ingin minum saja. Jika imunitas anak baik, biasanya keluhan ini segara berakhirnya dalam 1-2 hari. Tapi jika anak malah demam dan tak mau makan sama sekali segera bawa ke dokter.

Batuk kering malam hari
Anak sering mengalami batuk yang mengganggu pada cuaca dingin. Kondisinya semakin memburuk setiap malam dan saat beraktivitas fisik cukup berat seperti berlarian. Batuk seperti ini bisa jadi karena alergi dan asma.

Saluran pernapasan di paru-paru meradang dan menyempit, serta menghasilkan lendir berlebih. Dibutuhkan obat alergi dan pengencer dahak agar si kecil lebih mudah bernapas.

Batuk hingga demam tinggi
Anak batuk terus menerus dan demam tinggi. Suaranya hingga terdengar serak dan wajahnya pucat. Ia juga tak mau bermain dan hanya berbaring di tempat tidur serta mengeluh nyeri otot. Kondisi ini disebabkan virus influenza dan sangat menular. Berikan banyak minum air putih dan buah kaya air. Jika demam tak kunjung turun selama 3 hari segera periksakan ke dokter.

Sumber: Parents

Join Dream.co.id