Kenali Tanda-tanda Saat Anak Mulai Kelelahan Belajar

Do It Yourself | Senin, 23 Mei 2022 11:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Sangat wajar saat anak merasa lelah dengan rutinitasnya di sekolah.

Dream - Tugas utama anak-anak memang belajar, tapi tak dipungkiri mereka juga kadang merasa jenuh dan lelah. Memaksa anak atau bahkan mengancamnya untuk terus konsisten belajar hanya akan sia-sia atau malah berdampak buruk bagi psikologisnya.

Sangat wajar saat anak merasa lelah dengan rutinitasnya di sekolah. Semangat belajar memang akan naik turun dan orangtua sebaiknya mengerti hal tersebut.
Anak-anak cenderung tak bisa mengungkapkan hal tersebut karena merasa takut dengan orangtua.

Untuk itu cobalah lebih peka dengan perubahan yang terjadi pada anak. Kenali tanda-tandanya saat mereka mulai kelelahan belajar, seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Menghindar Ketika Membahas Sekolah
Hal ini perlu diamati dan diwaspadai, terutama jika anak biasanya selalu terbuka tentang masalah sekolah. Jika melihat tanda-tanda ini, jangan langsung memaksa anak untuk menceritakan masalahnya.

Cobalah mengerti kondisi anak dan menunggu sampai ia siap berbicara. Sembari menunggu, bisa mencoba terlibat dalam pekerjaan rumah atau PR anak dengan tujuan memancingnya bercerita.

 

Kenali Tanda-tanda Saat Anak Mulai Kelelahan Belajar
Ilustrasi
2 dari 3 halaman

2. Mengeluh Sakit

Ketika anak mulai susah tidur, pola makannya berubah, dan mengeluh sakit, mereka mungkin terlalu lelah di sekolah atau saat belajar. Sebagai contoh, anak mungkin berpura-pura sakit kepala atau sakit perut setiap berangkat sekolah.

Hal ini dapat menjadi cara anak untuk menggambarkan bahwa mereka sedang tidak berada dalam keadaan sehat atau baik-baik saja untuk belajar. Anak-anak biasanya menggambarkan emosi mereka dengan cara menjelaskan berbagai gejala yang muncul di tubuhnya saat sedang lelah dengan aktivitas sehari-hari.

 

3 dari 3 halaman

3. Tidak Punya Waktu untuk Bersenang-Senang

Jika anak terus sibuk mengerjakan tugas sekolah sampai tidak memiliki waktu istirahat cukup, maka itu bisa tanda sekaligus penyebab anak kelelahan belajar.
Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., seorang psikolog tanda anak kelelahan belajar adalah kurang memiliki waktu main atau me time.

Mereka biasanya juga tidak memiliki waktu untuk melakukan hal menyenangkan karena sibuk belajar. “ Tanda-tanda lainnya itu anak mengeluh kelelahan fisik dan belajar, suasana hati anak buruk atau anak jadi jarang bisa diajak quality time bersama keluarga atau teman,” ujar Gracia.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Join Dream.co.id