Kebiasaan Menyusu Pengaruhi Preferensi Tangan Anak

Ibu menyusui (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  10 Januari 2019 08:10

"Kami pikir menyusu juga berpengaruh pada otak bayi"

Reporter :

Dream - Kecenderungan kidal atau tidaknya seorang anak, dipengaruhi oleh banyak faktor. Bukan hanya aspek genetik tapi juga kebiasaannya saat kecil. Salah satunya adalah saat menyusu di payudara ibu.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari University of Washington mengungkap kalau bayi yang disusui secara eksklusif oleh ibunya cenderung menggunakan tangan kanan. Sementara, pada bayi yang tak menyusu di payudara ibu, kemungkinannya menjadi kidal sangat tinggi.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 60.000 pasang ibu dan anak. Tim menganalisis kebiasaan mereka saat menyusu dan kecenderungan tangan yang mereka gunakan kemudian hari.

Terungkap kalau di kemudian hari anak yang kidal jumlahnya sangat tinggi dan mereka cenderung tak menyusu dengan ibu. " Menyusu dilakukan sekitar 6 hingga 9 bulan. Kami pikir menyusu juga berpengaruh pada otak bayi yang membuat mereka menjadi pengguna tangan kanan," Philippe Hujoel, salah satu peneliti seperti dikutip dari KidSpot.

Para ibu dan bayi yang berpartisipasi dalam penelitian ini, ada yang menyusui kurang dari satu bulan. Hal tersebut dilaporkan, bisa menurunkan sembilan persen prevalensi kidal. Sementara mereka yang menyusui antara satu hingga enam bulan melaporkan penurunan 15 persen kidal.

Lalu, mereka yang menyusui lebih dari enam bulan melaporkan 22 persen penurunan prevalensi kidal. Laporan menyimpulkan bahwa terdapat usia kritis untuk membangun dominasi penggunaan tangan yaitu sembilan bulan pertama kehidupan bayi. Bukan hanya genetik, sebagian juga ditentukan oleh pengasuhan.

[19 Mar 16:00] Live Streaming #KLYLounge with Barasuara
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Bencana Alam Menerjang Indonesia
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :