Kebiasaan Buruk Anak Saat Makan yang Harus Segera Dihentikan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  26 Januari 2021 14:03

Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Asupan nutrisi didapatkan anak-anak dari makanan dan minuman di rumah setiap hari. Penting untuk membentuk kebiasaan makan yang sehat sejak dini agar anak tumbuh dengan sehat.

Sayangnya, secara tak sengaja kita kerap membentuk kebiasaan makan yang buruk pada anak. Ada beberapa kebiasaan makan yang harus segera dihentikan. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin anak mengalami obesitas atau kurang gizi.

" Kebiasaan makan sangat mempengaruhi kondisi gizi anak-anak. Untuk itu orangtua perlu memperhatikannya dengan lebih detail, bila ada kebiasaan anak yang kurang baik saat makan segera perbaiki," ujar Lee Ann, seorang ahli gizi, dikutip dari Smart Parenting.

Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele. Jika dibiarkan, bisa berdampak buruk pada anak secara jangka panjang, terutama dalam kebiasaan makannya.


1. Mengemil berlebihan
Anak-anak sangat suka camilan. Bila dilakukan secara berlebihan, hal ini dapat merusak nafsu makan dan membuat mereka menolak makanan bergizi yang telah disiapkan dengan cermat untuk mereka.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur dan mengikuti waktu makan dan kudapan untuk mengatasi dilema ini. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics di AS, aturan praktis yang baik adalah menawarkan camilan beberapa jam setelah makan berakhir dan sekitar satu hingga dua jam sebelum makan berikutnya dimulai.

 

Selanjutnya : Hindari Juga Kebiasaan Ini
MUI Minta Pemerintah Cabut Perpres Investasi Miras
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :