Kabar Baik Bagi Ibu Hamil Penyuka Kopi, Tak Bahayakan Kehamilan

Do It Yourself | Kamis, 23 Juni 2022 08:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Kamu termasuk tak bisa lepas dari kopi?

Dream - Kopi merupakan minuman dengan kafein yang biasanya dihindari ibu hamil. Pasalnya dikhawatirkan bisa memicu masalah pada kehamilan. Bagi ibu yang biasa mengonsumsi kopi, akhirnya menghentikan rutinitasnya minum kopi.

Kini ada kabar baik bagi ibu hamil yang tetap ingin minum kopi. Tim peneliti dari University of Queensland melakukan studi genetik untuk menunjukkan bahwa minum kopi selama kehamilan tidak meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir dalam keadaan meninggal atau prematur.

Salah satu peneliri, Dr Hwang, mengatakan perilaku minum kopi sebagian disebabkan oleh genetika, dengan serangkaian varian genetik tertentu yang memengaruhi seberapa banyak kopi yang kita minum.

" Kami menunjukkan bahwa varian genetik ini tidak hanya mempengaruhi konsumsi kopi pada populasi umum tetapi juga pada wanita hamil," katanya.

Kabar Baik Bagi Ibu Hamil Penyuka Kopi, Tak Bahayakan Kehamilan
Minum Kopi
2 dari 5 halaman

Pastikan Saja Tak Berlebihan

Para peneliti menggunakan metode yang disebut Mendelian Randomisation, yang menggunakan delapan varian genetik. Metode itu untuk memprediksi perilaku minum kopi wanita hamil dan memeriksa apakah varian ini juga terkait dengan hasil kelahiran.

" Karena kami tidak dapat meminta wanita untuk minum kopi dalam jumlah yang ditentukan selama kehamilan mereka, kami menggunakan analisis genetik untuk meniru uji coba kontrol secara acak," kata Dr Hwang.

Analisis genetik menemukan tidak ada risiko keguguran, lahir mati, atau kelahiran prematur yang lebih besar bagi wanita yang minum kopi. " Dalam hal diet selama kehamilan, wanita sering disarankan untuk menghindarinya, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa mereka masih dapat menikmati kopi tanpa khawatir akan meningkatkan risiko hasil kehamilan ini," kata Dr Hwang.

Para peneliti menekankan penelitian ini hanya melihat hasil kehamilan pada kondisi tertentu. Tetap ada kemungkinan konsumsi kafein dapat mempengaruhi aspek penting lainnya dari perkembangan janin.

“ Oleh karena itu, kami tidak merekomendasikan asupan tinggi selama kehamilan, tetapi konsumsi kopi yang rendah atau sedang,” kata Hwang.

3 dari 5 halaman

Fakta-fakta Soal Alergi Sperma yang Bisa Picu Sulit Hamil

Dream - Hubungan intim tentunya jadi kebutuhan penting bagi pasangan suami istri. Dengan melakukan hubungan intim yang rutin, pasangan bisa lebih terkoneksi dan tentunya jadi hal mendasar saat menjalani program hamil.

Rupanya hubungan intim bagi sebagian perempuan bisa jadi hal yang memicu alergi. Tahukah Sahabat Dream kalau beberapa perempuan memiliki masalah alergi sperma pasangannya.

Menurut dr. Ellen Theodora, dikutip dari KlikDokter, alergi sperma adalah reaksi alergi yang terjadi karena kandungan protein yang terdapat pada sperma pria. Kondisi ini bisa muncul pada saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kali, dan bisa juga terjadi lagi di aktivitas seksual berikutnya.

Dampak dari alergi sperma yang dialami oleh wanita, biasanya berupa rasa gatal, bengkak, dan seperti terbakar pada vagina. Bila kondisi alergi cukup parah, gejala tersebut akan disertai bentol-bentol dan sesak napas.

“ Reaksi tersebut biasanya muncul pada 10-30 menit dan paling lama 1 jam setelah kulit terkena paparan sperma. Kondisi tersebut dapat berlangung hingga 24 jam,” ujar dr. Ellen.

 

4 dari 5 halaman

Jangan Ragu untuk Konsultasi

Bila gejala yang muncul tak kunjung reda, bisa jadi yang dialami bukanlah alergi sperma. Bila sudah demikian, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Masalah kesehatan ini bisa jadi salah satu penyebab wanita mengalami stres atau depresi, terlebih lagi bila pasangan berambisi memiliki momongan. Hubungan pun menjadi penuh tekanan dan mengurangi keharmonisan rumah tangga.

Bila gejala alergi kerap muncul setelah berhubungan seksual, penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Jangan ragu untuk menceritakan kondisi sedetail mungkin. Nantinya, dokter akan meminta pasangan melakukan beberapa tes untuk mengetahui pemicunya.

5 dari 5 halaman

Dampaknya Pada Kemungkinan Hamil

Lalu bagaimana dampaknya pada kemungkinan hamil? Bila memang alergi sperma dan kondisi kesuburuan pasangan dalam keadaan baik, kehamilan tetap bisa terjadi secara normal.

Dokter bisa memberikan pereda alergi sebelum menyerang. Pasangan pun bisa berhubungan intim dengan nyaman dan sangat mungkin terjadi kehamilan. Alternatif lainnya bisa menjalani program bayi tabung atau fertilisasi in vitro,” terangnya.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Join Dream.co.id