Jangan Sepelekan Alergi Anak, Bisa Hambat Tumbuh Kembangnya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  4 April 2021 10:24

Segera konsultasi dengan dokter jika muncul gejala alergi.

Reporter : Putu Monik Arindasari

Dream - Alergi jadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami anak-anak. Banyak hal yang jadi pemicu alergi, seperti debu, susu sapi, udang atau banyak hal yang mungkin tak disadari.

Salah satu alergi yang banyak dialami anak adalah alergi susu sapi. Anak dengan alergi susu sapi memiliki rsiko kekurangan zat besi yang lebih tinggi. Menurut dr. Budi Setiabudiawan, Spesialis Alergi dan Imunologi Anak, alergi susu sapi merupakan respons sistem imun yang tidak normal serta berlebihan pada seorang.

Keadaan ini dikenal sebagai hipersensitivitas terhadap protein susu sapi yang sbenenrnya tidak berbahaya bagi orang lain. Alergi terhadap susu sapi ternyata berisiko tinggi terjadi pada anak dengan orangtua atau saudara kandung yang memiliki riwayat alergi sebelumnya. Diagnosis alergi susu sapi harus dilakukan sedini mungkin.

" Apabila kita terlambat untuk mendiagnosanya, nanti dapat merugikan tumbuh kembang si anak, tetapi kalau didiagnosa sedini mungkin, keadaan ini tidak akan mengganggu tumbuh kembang anak," ujar dr. Budi dalam webinar 'Festival Soya Generasi Maju'.

 

Selanjutnya : Susu Kedelai
Pengalaman Puasa Pertama DJ Katty Butterfly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Aksi Lucinta Luna Berenang Dikecam Susi Pudjiastuti Sampai Aktivis
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :