Jangan Ragu Konsultasi Kontrasepsi Online, Solusi Praktis Saat Pandemi

Pil kontrasepsi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  10 Juni 2020 14:03

Faktanya saat ini angka kehamilan yang tak direncanakan meningkat pesat

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Perencanaan kehamilan di masa pandemi Covid-19 sekarang jadi hal yang sebaiknya dilakukan dengan disiplin. Menggunakan alat kontrasepsi secara teratur sangat dianjurkan bagi pasangan yang ingin menjaga jarak atau menunda kehamilan.

Faktanya, angka kehamilan saat ini justru meningkat pesat. Hanya di rumah saja, membuat hubungan suami istri jadi rekreasional yang paling mudah dilakukan. Akses alat kontrasepsi pun terhambat.

Data Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terbaru menyebutkan, dibanding 2019 lalu, terjadi penurunan sebanyak 1.179.467 pelayanan KB (Keluarga Berencana) selama Januari – April 2020. Oleh karena itu, masa New Normal setelah meredanya pandemi seharusnya dimanfaatkan untuk segera menghidupkan kembali pelayanan KB.

" Pemerintah sudah berkomitmen menggencarkan kembali Program KB untuk menurunkan angka kelahiran sehingga penduduk Indonesia bisa tumbuh seimbang. Namun, selama masa pandemi kita melihat penurunan partisipasi KB yang cukup besar,” kata Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), dalam webinar “ Urgensi Pelayanan KB pada Masa New Normal” dengan DKT Indonesia, 9 Juni 2020.

Hasto mengingatkan peningkatan angka kehamilan apalagi yang tidak direncanakan akan menimbulkan masalah bagi keluarga di tengah situasi ekonomi yang sedang lesu dan tantangan bagi pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Karena itu, masa New Normal setelah meredanya pandemi menjadi momentum bagi BKKBN dan para pemangku kepentingan lainnya untuk kembali menggencarkan pelaksanaan Program KB dengan mendorong bidan dan dokter membuka kembali layanan KB.

 

Selanjutnya : Konsultasi Online
Pegawai BUMN Diduga Terlibat Bom Gereja Katedral Diciduk
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Amanda Monopo Ikut Berpuasa di Lokasi Syuting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :