Jangan Kaget, Keluhan Ini Bakal Muncul Setelah Persalinan

Do It Yourself | Senin, 6 Juli 2020 14:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Ada yang hitungan hari, minggu atau bulan, keluhan tersebut terjadi.

Dream - Setelah melahirkan, ibu pasti akan merasa lega. Bayi lahir dengan sehat dan ibu tinggal melewati masa pemulihan. Penting diketahui kalau kondisi tiap ibu berbeda-beda.

Biasanya ada beberapa keluhan yang umum terjadi pasca persalinan, baik secara normal maupun caesar. Ada yang hitungan hari, minggu atau bulan, keluhan tersebut terjadi.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan anak pertama, mungkin akan kaget. Sebagai antisipasi, dr. Sam Hay, spesialis kandungan mengungkap beberapa keluhan paling umum pascapersalinan.

Pendarahan dan kram
Pendarahan mungkin berlanjut atau berhanti hingga enam minggu setelah melahirkan. Bersamaan dengan itu, dapat muncul beberapa kram perut. Ini karena rahim telah meregang selama kehamilan dan sekarang perlu menyusut kembali ke ukuran normal.

" Penyusutan tidak terjadi dalam semalam. Obat penghilang rasa sakit ringan kadang tak bisa meredakan nyeri kram ini. Bersabarlah, jangan memaksakan diri tetapi tak ada salahnya mencoba untuk jalan kaki sebentar atau melakukan gerakan ringan untuk membantu otot bergerak," kata Hay, seperti dikutip dari KidSpot.

 

Jangan Kaget, Keluhan Ini Bakal Muncul Setelah Persalinan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Sulit buang air besar

Bagi ibu yang melahirkan normal, buang air besar pertama kali mungkin akan terasa 'mengerikan'. Sebenarnya tidak masalah asalkan feses tidak keras, pastikan saja mengonsumsi makanan kaya serat, yogurt atau makanan yang kaya probiotik. Hormon juga berpengaruh pada kondisi pencernaan.

Bagi yang menjalani caesar, biasanya diberi obat penghilang nyeri, antibiotik dan beberapa jenis obat lainnya yang memicu sulit buang air besar. Usahakan juga konsumsi sayur, buah dan makanan berserat tinggi agar mempermudah buang air besar.

 

3 dari 4 halaman

Sakit kepala

 Beberapa penelitian menunjukkan sebanyak 40 persen ibu yang baru saja melahirkan akan menderita sakit kepala pascapersalinan. Ada yang dalam hitungan hari bakal mereda, tapi ada juga mencapai 1 bulan lebih.

" Perubahan hormon, kurang tidur dan dehidrasi biasanya jadi penyebab utama. Bisa mengonsumsi pereda nyeri jika sakit kepala disertai rasa ingin muntah yang berlebihan, konsultasikan dengan dokter," kata Hay.

 

4 dari 4 halaman

Keringat terus mengalir

Setelah melahirkan, hormon estrogen dan progesteron menurun drastis. Estrogen yang rendah akan membuat ibu mengalami kondisi terasa panas, murung, selalu berkeringat, terutama di malam hari.

" Itu juga karena menyusui menekan ovulasi dan menghasilkan tingkat estrogen yang lebih rendah. Sekali lagi, penuhi asupan cairan agar ibu tak dehidrasi," pesan Hay.

Join Dream.co.id