Jangan Kaget, Gambar 3D Perubahan Kepala Bayi Saat Persalinan

Do It Yourself | Jumat, 17 Mei 2019 16:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Kondisi otak bayi mengalami penekanan signifikan saat persalinan.

Dream - Persalinan bayi jadi salah satu proses alami yang sangat menakjubkan. Kontraksi rahim, lalu bukaan jalan lahir, dan kepala bayi yang begitu besar mampu melewati jalan tersebut yang lebarnya hanya 10 cm.

Proses tersebut membuat tim peneliti dari Auvergne University di Clermont Ferrand, Prancis berusaha mencari tahu. Yaitu perubahan kondisi kepala bayi saat proses persalinan.

Menggunakan pemindaian MRI, mereka mengembangkan gambar-gambar tulang tengkorak bayi secara tiga dimensi selama proses persalinan. Proses tersebut dinamakan “ foetal head moulding”

Tim melihat tujuh tengkorak bayi dan membuat gambar pada perubahan yang terjadi. Gambar-gambarnya terlihat sangat ekstrem - dengan bayi bergerak dari tengkorak bundar ke yang lebih runcing.

Setelah lahir, lima dari tengkorak dan bentuk otak bayi yang baru lahir kembali ke keadaan pra-kelahiran mereka, tetapi perubahan itu tetap ada pada dua bayi. Gambar tersebut dibuat berdasarkan kondisi tengkorak dua bayi yang dilahirkan dilahirkan melalui bedah caesar darurat.

 

Jangan Kaget, Gambar 3D Perubahan Kepala Bayi Saat Persalinan
Bayi Baru Lahir (Foto: Shutterstock)
2 dari 2 halaman

Lihat Fotonya

Derajat cetakan kepala janin terbesar dalam kondisi tersebut. Untuk gambar lainnya, dihasilkan dari bayi yang lahir melalui vagina.

" Selama persalinan pervaginam, bentuk otak janin mengalami deformasi hingga derajat yang bervariasi tergantung pada tingkat tumpang tindih tulang tengkorak." ujar Oliver Ami, salah satu peneliti.

 Fetal Brain
© Oliver Ami

Secara keseluruhan, temuan menunjukkan bahwa bayi mengalami tekanan tengkorak lebih besar selama kelahiran daripada yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini berpotensi mendasari masalah otak asimptomatik dan perdarahan retina yang terlihat pada banyak bayi baru lahir setelah persalinan pervaginam.

Join Dream.co.id