Jangan Biarkan Anak yang Terkena Flu Bersekolah, Ini Alasannya

Anak terkena flu (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  19 Februari 2019 14:09

Hanya berbagi udara yang sama dengan penderita flu dapat menularkan virus.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pernah bertanya-tanya mengapa flu menyebar seperti 'api' di rumah? Ternyata bernapas saja bisa menularkan kuman flu dari satu orang ke orang lain. Bahkan, disinfektan di dunia tidak akan membuat Sahabat Dream sekeluarga tetap aman dari serangan flu.

Para ahli sebelumnya menganggap penularan flu terjadi jika bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi virus influenza atau dengan tetesan dari bersin atau batuk orang yang terinfeksi.

Sebuah penelitian baru dari University of Maryland menunjukan bahwa hanya berbagi udara yang sama dengan penderita flu dapat menularkan virus.

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceeding of National Academy of Sciences, mengamati napas dari 142 orang dengan kasus influenza yang dikonfirmasi pada hari pertama, kedua dan ketiga penyakit mereka. Ditemukan, semua jenis sel menular dalam napas mereka.

Dalam 35 persen sampel napas yang mereka ambil, para peneliti menemukan bentuk virus yang menular. Menariknya, bersin tampaknya tidak menularkan virus lebih daripada bernapas.

" Orang dengan flu menghasilkan aerosol infeksius (tetesan kecil yang tetap menggantung di udara untuk waktu yang lama) bahkan ketika mereka tidak batuk, dan terutama selama hari-hari pertama sakit," jelas peneliti utama, Donald Milton, profesor kesehatan lingkungan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Maryland, seperti dikutip dari Today Parents.

Ketika si kecil atau mungkin Sahabat Dream anda terserang flu sebaiknya di rumah saja. Terutama anak-anak yang sudah bersekolah. Dianjurkan untuk tidak beraktifitas di sekolah, karena siapapun yang berdekatan dapat tertular.

Sekalipun flu tampak penyakit biasa, tetapi ternyata bisa mengancam nyawa anak-anak, jika kondisinya parah dan terlambat mendapat penanganan. Dengan kata lain, melakukan 'karantina' adalah cara terbaik agar tidak menularkan flu.

Laporan Ratih Permata Sari

Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :