Intoleransi Laktosa Bisa Disebabkan Kurangnya Minum Susu

© MEN
DO IT YOURSELF  |  20 September 2019 18:04

Biasanya, intoleransi laktosa mulai dialami di usia dini.

Reporter : Cynthia Amanda Male

Produk Susu Lainnya

2. Yogurt
Konsumsi yogurt dapat dimulai setelah bayi menginjak usia 8 bulan, asalkan bayi tidak memiliki riwayat alergi dari keluarga. Yogurt diperkaya dengan protein, lemak, kalsium dan potassium yang baik untuk pencernaannya.

Hindari yogurt jenis low fat karena bayi akan membutuhkan asupan lemak sebaik mungkin. Yogurt jenis polos juga lebih baik ketimbang yang memiliki perasa buah. Sebab, perasa buah biasanya memiliki tambahan gula atau pemanis buatan.

Si kecil mungkin agak tidak suka dengan rasanya yang asam. Jangan menyerah, biarkan ia beradaptasi untuk mengenal tekstur dan rasa baru.

3. Keju
Apabila si kecil tidak memiliki riwayat alergi dari keluarga, Anda sudah bisa mulai memberikan keju sejak menginjak usia 8 bulan. Keju dapat diberikan dalam bentuk parutan halus di atas roti, sayur atau kentang tumbuk. Keju juga bisa dilelehkan untuk memberikan tekstur yang berbeda pada bayi.

Ada baiknya untuk memilih keju dengan formula yang ringan, seperti rendah garam. Keju akan membantu si kecil memenuhi konsumsi kalori yang diperlukan. Namun, pastikan untuk selalu mengawasi si kecil ketika makan keju. Teksturnya yang padat bisa membuatnya tersedak sewaktu-waktu.

Cara memperkenalkan
Jika memiliki riwayat keturunan alergi, ada baiknya untuk tidak memberikan produk susu apapun sebelum ia menginjak satu tahun. Namun jika tidak ada, Anda bisa memberikannya dengan metode ini.

Berikan salah satu produk susu pada bayi. Lalu jangan berikan jenis produk susu lainnya hingga tiga hari. Apabila dalam tiga hari bayi tidak menunjukan gejala alergi, itu artinya produk tersebut cocok untuk dia konsumsi. Beberapa gejala alergi diantaranya muncul bintik atau ruam kemerahan, bibir membengkak hingga muntah dalam hitungan jam setelah memakan produk tertentu.

Laporan Annisa Mutiara

 

Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :