Infertilitas Sekunder, Saat Pasangan Sulit Dapatkan Anak Kedua

Pemeriksaan USG (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  22 Januari 2021 08:03

Pasangan harus segera berkonsultasi jika sudah tahun mencoba hamil secara alami tapi tak kunjung berhasil.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Masalah kesuburan bukan hanya dihadapi mereka yang belum punya anak, tapi juga pasangan yang sudah memiliki anak. Saat berencana memiliki anak kedua, kehamilan tak kunjung terjadi.

Segala usaha dilakukan, aktivitas seksual sudah dilakukan secara rutin. Kondisi ini disebut dengan infertilitas sekunder. Dikutip dari MayoClinic, gangguan reproduksi, masalah saluran sperma, kerusakan tuba fallopi, gangguan ovulasi, endometriosis dan kondisi uterus pada wanita.

" Infertilitas sekunder cukup umum. Penting diingat, infertilitas atau ketidaksuburan adalah ketika seorang wanita tidak dapat mencapai kehamilan klinis setelah 12 bulan melakukan hubungan seksual tanpa pelindung, tetapi sebelumnya pernah mengalami kehamilan klinis," ujar dr. Meredith Snook, asisten profesor di Departemen Obstetri, Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Universitas Pittsburgh, dikutip dari Today.

Penyebab lain dari infertilitas sekunder adalah, komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan atau pembedahan sebelumnya. Termasuk usia, berat badan, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

 

Selanjutnya : Cari Bantuan
Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :