Ibu Nyeri Kontraksi Hebat, Janin Juga Sedang 'Berjuang'

Ibu melahirkan (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  4 Maret 2019 10:05

Kekuatan mental ibu dan janin memang harus disiapkan jelang persalinan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Proses persalinan tak bisa dilepaskan dari kontraksi. Mengencangnya otot rahim yang justru sebenarnya paling ditunggu, karena merupakan pertanda kalau bayi segera keluar.

Bagi ibu, kontraksi memang sangat menyiksa. Rasa nyeri yang bersumber dari rahim lalu menjalar ke seluruh tubuh hingga gemetar. Tak heran kalau para ibu dianggap sedang 'berjuang' ketika melahirkan.

Sebenarnya bukan hanya ibu yang sedang berjuang, tetapi juga bayi di dalam rahim. Dikutip dari Babyologist, kontraksi ibarat perut mengerut dan mengencang berulang kali. Hal ini berimbas pada tubuh bayi.

Bagaimana efeknya?

Janin 'dipaksa' keluar
Saat kontraksi rahim, janin seperti didorong secara terus-menerus untuk keluar dari rahim menuju ke “ lubang” yang sempit dan sesak. Kondisi tersebut tentu saja membuat janin tidak nyaman. Rasa tak nyaman bukan hanya terjadi pada para ibu tapi juga pada sang janin.

Stres pada janin
Janin dalam perut juga bisa merasakan stres. Tekanan yang terus menerus saat kontraksi membuat kondisi jantung janin melemah. Hal ini merupakan stres janin. Untuk itu selama proses persalinan, jantung janin selalu dimonitor melalui alat bernama CTG. Jika jantung janin terus melemah, dokter bisa saja merekomendasikan operasi caesar demi mempertahankan kondisi janin.

Untuk itu, kekuatan mental ibu dan janin memang harus disiapkan jelang persalinan. Kontraksi seperti gempa bumi bagi janin yang juga mempengaruhi kondisi psikologis dan fisiknya.

Hal yang penting dilakukan adalah membuat afirmasi positif terus menerus pada janin dengan mengajaknya untuk selalu kuat dan berjuang bersama.

Berusaha fokus mencari ketenangan dan menjalani persalinan dengan 'kompak'. Ingat, janin sangat pintar dan sudah bisa merasakan dan mendengar suara-suara dari ibu dan ayahnya.


Sumber: Liputan6.com/ Babyologist.com

Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :