Ibu Hamil, Konsumsi Asupan Ini Demi Kecerdasan Si Kecil

Makanan sehat untuk ibu hamil (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  30 Desember 2018 10:31

Bukan hanya untuk perkembangan fisik janin yang sehat tapi juga perkembangan otaknya.

Reporter :

Dream - Tingkat kecerdasan seorang anak ditentukan oleh banyak faktor, salah satu yang dibawa sejak lahir adalah aspek genetik. Yaitu diturunkan oleh orangtua, kakek nenek atau buyut-buyutnya.

Tak hanya itu faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. Hal lainnya yang juga berperan besar adalah asupan gizi ibu saat hamil. Untuk itu, disarankan bagi para ibu hamil mengonsumsi makanan kaya gizi.

Bukan hanya untuk perkembangan fisik janin yang sehat tapi juga perkembangan otaknya. Dikutip dari Boldsky, pastikan empat asupan berikut dikonsumsi selama hamil demi kecerdasan si kecil.

1. Sayuran hijau
Selama masa kehamilan, sayuran berdaun hijau terutama bayam, bisa memberikan lebih banyak manfaat. Bayam mengandung asam folat atau folat, dan zat besi, yang penting untuk perkembangan bayi. Untuk 100 gram bayam mengandung 194 mikrogram folat dan 2,71 mg zat besi. Selain itu, mengandung 2,86 gram protein, 2,2 gram serat makanan, vitamin lainnya (A, B6, B12, C, D, E, K), mineral (kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng).

Asam folat diperlukan oleh ibu dan bayi untuk replikasi DNA, metabolisme vitamin, dan perkembangan yang baik dari tabung saraf. Tabung saraf akan terus berkembang menjadi otak, untuk itu dibutuhkan asam folat. Kekurangan folat atau asam folat selama kehamilan telah terbukti secara ilmiah terkait dengan cacat lahir pada bayi.

Zat besi juga diperlukan untuk perkembangan jaringan janin, pertumbuhan sel darah merah, pengangkutan oksigen ke otak bayi dan fungsi penting lainnya. Sebelum menelan atau memasak daunnya, pastikan untuk mencuci sayuran dengan baik, dan singkirkan bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya.

2. Buah kaya antioksidan
Buah segar mengandung vitamin dan mineral penting yang baik bagi tubuh. Dan juga dapat membantu mengurangi mual selama masa kehamilan. Beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, blueberry, delima, dan pepaya sangat baik untuk janin. Namun, pilihlah buah blueberry karena buah ini kaya akan antioksidan.

Antioksidan sendiri berguna untuk menyeimbangkan antara jumlah antioksidan dan radikal bebas di dalamnya. Peningkatan radikal bebas mempengaruhi tubuh dan fungsinya, serta menyebabkan stres oksidatif.

Radikal bebas berlebih juga dikaitkan dengan kerusakan otak dan menghambat perkembangan otak pada bayi baru lahir dan janin. Mengkonsumsi blueberry akan membantu ibu mendapatkan asupan antioksidan.

Selanjutnya : Makanan yang Wajib Ada di Menu Ibu Hamil
[19 Mar 16:00] Live Streaming #KLYLounge with Barasuara
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Kantor Digeledah KPK, Ini Kata Menteri Agama
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :