Ibu Demam Saat Hamil Tingkatkan Risiko Autisme?

Do It Yourself | Jumat, 21 Desember 2018 18:13
Ibu Demam Saat Hamil Tingkatkan Risiko Autisme?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Dicurigai adanya hubungan yang berkaitan dengan infeksi, respons imun dan bagaimana demam diobati.

Dream - Penelitian terus dilakukan oleh banyak pihak untuk mengetahui penyebab autisme. Pasalnya, hingga saat ini belum diketahui secara jelas, penyebab seorang anak mengalami autisme.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Columbia University, Amerika Serikat, mengungkap fakta baru terkait penyebab autisme. Yaitu, ibu yang mengalami demam saat hamil di trimester kedua, kemungkinannya memiliki anak dengan autisme mencapai 40 persen.

Sementara ibu yang mengalami dua atau lebih demam saat hamil di usia 12 minggu, risikonya memiliki anak autisme menjadi lebih tinggi. " Alasannya adalah hubungan yang berkaitan dengan infeksi, respons imun dan bagaimana demam diobati," kata Lonnie Zwaigenbaum, dari Autism Research Centre.

Mady Hornig, saah satu peneliti, mengungkap kalau temuan ini semacam kepingan puzzle. Masih banyak faktor lain yang mungkin belum terungkap dan bisa jadi malah merupakan penyebab utamanya.

Hornig dan timnya menganalisis anak 95.754 yang lahir antara 1999 hingga 2009, melalui data Autism Birth Cohort (ABC). Diketahui, ada 15.701 ibu yang melaporkan mengalami demam saat hamil.

Sebanyak 34 persen ibu yang mengalami demam, diketahui melahirkan anak dengan austisme. Ibu yang mengonsumsi obat acetaminophen untuk meredakan demamnya juga tak mengurangi risiko autisme.

Dalam penelitian lain, Ousseny Zerbo, dari Vaccine Study Center di Kaiser Permanente Northern California Division of Research, mengatakan bahwa ia dan timnya pernah mempelajari hubungan erat antara autisme dan ibu yang terjangkit flu selama kehamilan.

Zerbo menekankan bahwa bukan demam itu sendiri yang meningkatkan risiko autisme, tetapi lebih pada sebuah respons imun.

Join Dream.co.id