Hindari Kebiasaan yang Bikin Kualitas Tidur Anak Jadi Buruk

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  11 Januari 2021 10:04

Mereka yang kurang tidur atau tidurnya tak berkualitas sangat berisiko mengalami masalah pertumbuhan dan psikologis.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Situasi pandemi membuat waktu tidur anak jadi berantakan. Hanya di rumah, tak banyak kegiatan, dan banyak bermain gadget atau menonton kerap membuat anak tidur larut malam.

Hal ini tentu tak boleh dibiarkan, karena waktu tidur sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Mereka yang kurang tidur atau tidurnya tak berkualitas sangat berisiko mengalami masalah pertumbuhan dan psikologis.

Untuk itu mulai sekarang hindari pemicu masalah tidur pada anak dan yang kerap membuat kualitas tidurnya menjadi buruk. Apa saja?

Perangkat elektronik
Menonton TV, menatap layar ponsel atau juga bermain video game, menjadi salah satu penyebab mengapa anak mengalami sulit tidur. Ini dapat menjadi masalah bagi anak-anak karena mereka perlu cukup tidur untuk waspada dan fokus di sekolah.

Jangan biarkan anak-anak menonton TV atau bermain video game setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, dan lakukan sesuatu yang tenang dan menenangkan, seperti mandi atau membaca buku bersama. Selain itu, jauhkan TV, komputer, dan layar lain dari kamar tidur anak. Bahkan layar kecil, seperti smartphone, telah terbukti menyebabkan masalah tidur bagi anak-anak ketika mereka diperbolehkan berada di kamar tidur anak-anak.

 

Selanjutnya : Berpindah dari Satu Tempat ke Tempat Lainnya
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :