Hindari Kebiasaan yang Bisa Turunkan Produksi ASI

Bayi minum ASI (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  23 April 2019 16:06

Banyak faktor yang membuat produksi ASI menurun drastis

Reporter :

Dream - Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi emas bagi bayi. Sebisa mungkin, ibu dianjurkan memberi ASI hingga anak berusia 2 tahun. Untuk itu produksi ASI harus selalu dijaga.

Banyak faktor yang membuat produksi ASI menurun drastis. Sebagian besar bukan karena masalah fisik, tapi lebih karena kondisi psikis ibu. Pasalnya, produksi ASI sangat tergantung pada suasana hati ibu.

Saat ibu merasa stres atau tertekan serta memiliki banyak beban pikiran, biasanya produksi ASI bakal menurun. Selain itu, ada hal lain yang juga harus diwaspadai mama perah. Yuk, simak.

Kelelahan
Ibu yang mengalami kelelahan produksi ASI-nya bisa menurun. Kelelahan bisa dipicu banyak hal, mulai dari kelelahan pasca melahirkan, karena olahraga berat, memiliki aktivitas yang terlalu padat hingga stres dan depresi. Agar produksi ASI tidak berkurang, pastikan untuk tetap tenang, sabar dan bahagia. Pastikan juga untuk memiliki istirahat cukup setiap harinya.

Menderita penyakit tertentu
Berkurangnya produksi ASI juga bisa disebabkan oleh adanya risiko penyakit trertentu di tubuh. Hipotiroidisme dan anemia merupakan penyakit yang rentan meningkatkan risiko berkurangnya produksi ASI.

Jika ibu mengalami gejala adanya penyakit tertentu dalam tubuh selama menyusui, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau ahlinya.

Konsumsi kafein
Kebiasaan mengonsumsi minuman dan makanan berkafein serta menjadi perokok aktif juga bisa menurunkan produksi ASI. Tak hanya itu saja, kebiasaan buruk ini bahkan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan baik untuk ibu bayi maupun bayi.

Konsumsi obat tertentu
Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat tertentu. Beberapa obat diketahui bisa menghambat produksi ASI atau berdampak buruk pada bayi.


Laporan Mimi Rohmitriasih/ Sumber: Fimela.com

Jokowi Menanggapi Desakan Pembentukan TGPF kerusuhan Bawaslu
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Eksklusif Wawancara Ha Sung Woon di Taiwan dan Fan Meeting Seru
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :