Hasil Testpack Negatif Tapi Saat USG Ternyata Hamil, Ini Sebabnya

Hasil testpack negatif (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  31 Maret 2020 12:04

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Beberapa ibu mengalami kegalauan saat tes kehamilan dan hasilnya negatif. Pasalnya, haid sudah telat beberapa hari dan tubuh terasa sangat tidak nyaman. Kondisi ini tentunya membingungkan.

Memeriksakan diri ke dokter kandungan, jadi satu-satunya jalan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Pada beberapa kasus, hasil testpack bisa saja salah, menunjukkan tanda negatif tapi sebenarnya hamil.

Kondisi tersebut false negative atau negatif palsu. Faktanya, hasil testpack negatif palsu lebih sering terjadi daripada positif palsu. Untuk itu, sangat dianjurkan melakukan pemeriksaan beberapa kali dengan berbagai merek testpack yang berbeda.

Mengapa hasil testpack bisa salah? Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Pertama, jika tes dilakukan terlalu awal. Jika telat haid, coba tunggu satu hingga dua minggu baru kemudian lakukan tes.

" Salah satu kesalahan umum yang dilakukan adalah menggunakan testpack terlalu awal. Pada awal kehamilan, tingkat hormon hCG sangat rendah dan bisa tidak terdeteksi dalam tes. Bahkan tes darah tidak dapat memberikan hasil yang akurat pada tahap awal," kata dr. Asmita Kaundal, spesialis kandungan, dikutip dari MomJunction.

 

Selanjutnya : Periksa Kemasan
PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :