Gym Ball Bisa Bantu Redakan Nyeri Punggung Ibu Hamil

Ibu hamil menggunakan gym ball/ Shutterstock
DO IT YOURSELF  |  14 April 2021 08:02

Bagi ibu hamil lakukan latihan rutin dengan gym ball ini.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Bobot tubuh bertambah saat hamil. Ada yang kenaikan berat badan mencapai 20 kg atau lebih. Hal ini tentu membuat tubuh jadi mudah lelah, pegal dan memicu nyeri punggun dan pinggang.

Salah satu cara untuk meredakan lelah dan nyeri adalah dengan relaksasi dan olahraga. Beberapa gerakan olahraga ringan dapat membantu ibu dalam mengurangi rasa nyeri tersebut.

Ada salah satu olahraga yang disarankan bagi ibu hamil yaitu dengan menggunakan gym ball. Bola ini kerap disebut birthing ball (bola persalinan). Pada dasarnya sama dengan bola yang ada di tempat latihan gym. Keduanya terbuat dari bahan karet yang lentur dan kuat.

Untuk ukuran, dikutip dari KlikDokter, gym ball yang digunakan pada ibu hamil cenderung lebih besar dan memiliki lapisan antiselip. Fitur antiselip ini untuk menjaga agar bumil tidak mudah terpeleset saat menggunakannya.

Dilansir dari Babycenter, ukuran bola persalinan dapat disesuaikan dengan tinggi badan ibu. Misalnya, jika ibu memiliki tinggi kurang dari 1,73 meter, pilih bola dengan tinggi sekitar 65 cm. Namun, jika tinggi Anda lebih dari 1,73 meter, ukuran diameter bola 75 cm bisa dipilih.

Penting untuk memastikan gym ball disimpan atau diletakkan di area yang aman, yakni jauh dari benda panas dan tajam.

 

Selanjutnya : Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil
Merawat Warisan [TEASER]
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :