Gentle C-Section, Operasi Persalinan Nyaman untuk Ibu dan Bayi

Do It Yourself | Kamis, 2 Juli 2020 08:05
Gentle C-Section, Operasi Persalinan Nyaman untuk Ibu dan Bayi

Reporter : Mutia Nugraheni

Memungkinkan seorang wanita untuk terlibat seperti jika kelahirannya terjadi secara normal

Dream - Tak semua ibu bisa menjalani persalinan pervaginam atau persalinan normal. Beberapa kondisi membuat ibu harus menjalani operasi caesar, demi keselamatan ibu dan janin.

Operasi medis dalam kondisi apapun tentunya bisa memunculkan trauma. Demi menyiasatinya, saat ini operasi c-section atau caesar dilakukan selembut mungkin demi meminimalisir trauma. Muncullah istilah gentle c-section.

Apakah gentle c-section? Operasi ini, dikutip dari Parents, adalah operasi caesar yang elektif dan dapat terjadi dalam situasi yang terkontrol.

" Gentle C-section bisa dikatakan merupakan adalah perubahan sikap terhadap C-section, di mana tim perawatan [dokter kandungan, ahli anestesi, dan perawat] bertujuan untuk membuat pengalaman C-section di ruang operasi semirip mungkin dengan ruang bersalin pervaginam," kata David Garfinkel, M.D., dokter kandungan di Morristown Medical Center.

 

2 dari 3 halaman

Ibu terlibat

Ia menambahkan bahwa operasi gentle c-section memungkinkan seorang ibu untuk terlibat seperti jika kelahirannya terjadi secara normal. " Saya percaya semua wanita harus diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari persalinan buah hati sendiri sebanyak yang mereka inginkan," ungkapnya.

Apa bedanya dengan operasi caesar biasa? Dalam operasi caesar biasa bayi dilahirkan dengan cepat dan langsung diserahkan ke dokter anak. Tetapi dalam gentle c-section, setelah kepala bayi dikeluarkan dengan lembut, lalu perlahan-lahan seluruh tubuhnya dikeluarkan.

 

3 dari 3 halaman

Pemotongan tali pusar ditunda

Ini memungkinkan sedikit pengeluaran cairan dari paru-paru, setelah itu bayi diletakkan di dada ibu. Bayi pun didiamkan untuk memulai inisiasi menyusui dini.

" Pemotongan tali pusar ditunda, dan bayi tetap dalam dekapan ibu selama prosedur operasi," kata Garfinkel.

Untuk menjalani gentle c-section, ibu dan dan dokter harus memiliki visi dan ketenangan yang sama. Ingat apapun jenis persalinannya, keselamatan ibu dan bayi adalah yang utama.

Join Dream.co.id