Gemasnya Balita Bisa Bahasa Isyarat, Bicara Pada Ayahnya yang Tuna Rungu

Do It Yourself | Senin, 22 November 2021 08:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Si kecil sudah bisa berbicara bahasa isyarat.

Dream - Anak-anak terutama yang masih berusia balita, cenderung belajar bahasa baru dengan sangat cepat. Bukan hanya bahasa ibu tapi juga bahasa asing, termasuk bahasa isyarat.

Seperti pengalaman Zachary, pemilik akun TikTok @oursignedworld yang merupakan seorang ayah tuna rungu. Sehari-hari, meskipun tak bisa mendengar dan berbicara dengan putrinya yang masih berusia 5 tahun, tapi komunikasi tetap berjalan baik.

Hal ini lantaran bahasa isyarat yang digunakan sehari-hari. Setiap hari Zachary menggunakan bahasa isyarat, lama kelamaan putrinya tersebut bisa mengerti. Dalam sebuah video yang diunggah di TikTok @oursignedworld tampak momen keduanya berkomunikasi dengan lancar.

 TikTok @oursignedworld© TikTok @oursignedworld

" Saya tuli dan putri saya mendengar," tulis Zachary di TikTok.

" Ini pertama kalinya dia mencoba menerjemahkan untukku," ungkapnya.

 

Gemasnya Balita Bisa Bahasa Isyarat, Bicara Pada Ayahnya yang Tuna Rungu
TikTok @oursignedworld
2 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Video itu menunjukkan putrinya berada di toko dan dia menjatuhkan dua bungkus spons yang dia pegang. Lalu sang putri menggunakan bahasa isyarat untuk " bayi" dan " menangis."

Zachary menjelaskan dalam bahasa isyarat, " Bayi menangis?" dan melihat ke arah suara bayi menangis di dekatnya.

Dia kemudian menjelaskan ke kamera, " dia menjatuhkan apa yang ada di tangannya, menunjukkan kalau 'bayi menangis' dan menunjuk! Wow!" .

Putrinya sudah sangat tahu cara berkomunikasi dengan sang ayah. Video Zac dengan putrinya pun membuat banyak orang merasa salut dengan ikatan keduanya dan pintarnya sang putri yang bisa cepat mempelajari bahasa isyarat.

 

@oursignedworld This was a WOW moment 🤭 #deaf #deafdad #coda #fatherdaughter #daddysgirl #viral #4u #fyp #ForzaHorizon5GO #signlanguage #asl #toddlersigning ♬ In The Forest (Acoustic Indie No Copyright) - Instrumental - Lesfm
3 dari 5 halaman

Video Kocak Balita Nangis Minta Ditunggu Sampai Selesai

Dream - Menghadapi anak balita yang menangis dan kita tak tahu apa yang membuatnya kesal, pastinya membuat kebingungan. Apalagi jika mereka belum bisa berbicara dengan jelas.

Bagi sebagian besar orangtua mungkin segera mencari berbagai cara agar anak menghentikan tangisan. Bisa dengan menggendong, memberikan mainan atau menghiburnya dengan cara lain agar tangisannya tak bertambah kencang.

Lain halnya dengan orangtua yang videonya viral di YouTube. Ayah dan ibu ini membiarkan putra balitanya menangis hingga puas. Mereka hanya mengingatkan kalau sudah selesai beritahukan.

 Bocah menangis© Youtube

" Nangisnya udah selesai? Oh belum, kalau sudah selesai kasih tahu ya," ujar sang ibu.

 

4 dari 5 halaman

'Belum Selesai'

Tampaknya dalam video yang diunggah di channel Kumbang Donjuan Sinaga, si kecil sudah waktunya tidur. Sementara ia masih ingin bermain dan akhirnya menangis.

 Bocah menangis© Youtube Kumbang Donjuan Sinaga

" Mau nangis lagi? Belum selesai?," tanya sang ibu.

" Belum selesai," ungkap bocah lucu itu.

5 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Masih terus menangis, setelah sekitar 1 menit akhirnya ia berhenti menangis dan mengatakan " sudah" dan mengelap air matanya. Videonya super gemas!

Join Dream.co.id