Gangguan Ketergantungan Layar Bisa Merusak Otak Anak

Ilustrasi
DO IT YOURSELF  |  7 Mei 2021 08:07

Berdampak bukan hanya secara fisik, tapi juga psikologis dan emosi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Layar, baik ponsel, tablet atau pun laptop saat ini tak bisa dilepaskan dari anak-anak. Mereka belajar jarak jauh secara online, begitu pun mencari hiburan karena kondisi pandemi.

Hal ini jadi tantangan besar bagi orangtua bagaimana menyeimbangkan waktu layar anak dan aktivitas lainnya. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layar ponsel dalam waktu lama dapat memengaruhi otak anak. Ini dapat menyebabkan gangguan yang juga disebut sebagai Screen Dependency Disorder atau Gangguan Ketergantungan Layar (SDD).

Psikolog mengungkap bahwa efek SDD akan menimbulkan banyak gejala buruk bagi anak. Mereka mungkin mengalami kenaikan atau penurunan berat badan, sakit kepala, insomnia, dan gizi buruk.

" Selain berdampak pada kesehatan fisik dan mental, SDD memiliki beberapa dampak emosional. Ini termasuk kecemasan, perasaan bersalah, kesepian, dan bahkan ketidakjujuran. Pakar kesehatan telah membuktikan bahwa kecanduan ini agak mirip dengan Gangguan Kecanduan Internet," kata Aric Sigman, seorang psikolog, dikutip dari KnowFiles.

Anak-anak yang kecanduan dengan layar mungkin menunjukkan perilaku bermasalah, seperti gejala menarik diri, tidak menunjukkan minat pada aktivitas di luar, dan mungkin berbohong tentang durasi penggunaan ponsel. Kondisi tersebut juga berdampak pada otak anak.

" Anak dengan SDD memiliki perbedaan mikrostruktur dan volumetrik atau kelainan materi abu-abu dan putih di otak mereka

Para ahli merekomendasikan waktu layar untuk anak-anak usia sekolah antara satu hingga dua jam, itu juga di bawah pengawasan orang tua. Pastikan anak menggunakanponsel secukupnya dan jika melihat ada perubahan aneh pada anak, konsultasikan dengan ahlinya

" Orangtua harus ambil tindakan jika rutinitas keluarga atau tugas anak tak bisa dilakukan dengan baik kerena anak tak mau lepas dari layar," ujar Caludette Avelino Tandoc, pakar tumbuh kembang anak.

Selanjutnya : Dua Terapi Penting Saat Anak Mulai Sulit Lepas dari Gadget
Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :