Fakta Soal Bagian Terluar Area Intim Perempuan

Do It Yourself | Jumat, 26 Maret 2021 08:02
Fakta Soal Bagian Terluar Area Intim Perempuan

Reporter : Mutia Nugraheni

Banyak yang tak menyadarinya.

Dream – Salah satu bagian penting dalam organ intim wanita adalah vulva. Vulva merupakan bagian luar organ intim wanita yang terdiri dari mons pubis, labia minora dan labia mayora, klitorism serta bagian-bagian lainnya.

Banyak orang yang mengira bahwa struktur organ intim wanita bagian luar yang paling mudah terlihat adalah vagina, padahal itu adalah vulva. Vagina merupakan saluran di bagian dalam organ intim yang bukaannya ditandai oleh salput dara atau himen dan berakhir di depan leher rahim attau serviks. Jadi vulva dan vagina itu berbeda ya, Sahabat Dream.

Dikutip dari Sehatq, vulva memiliki fungsi sebagai pelindung organ intim bagian dalam dan sebagai organ seksual. Sebagai organ intim bagian terluar, vulva berfungsi melindungi organ-organ bagian dalam dari berbagai penyebab penyakit, mulai dari bakteri, virus, hingga cidera dari benturan benda tertentu, yang mejalankan fungsi ini adala labia minora dan labia mayora (bibir kemaluan).

Sedangkan fungsi vulva sebagai organ seksual yang dimaksud adalah ketika saat ada aktivitas seksual. Labia mayora, labia minora, dan klitoris akan menerima aliran darah yang lebih banyak dari biasanya sehingga akan membuat bentuk vulva sedikit berubah dan membuat rangsangan seksual lebih mudah diterima dan memicu keluarnya cairan yang bisa menjadi pelicin saat berhubungan seksual.

2 dari 2 halaman

Ketahui Fungsinya

Perubahan tersebut juga akan memicu keluarnya hormon seks wanita. Berikut bagian vulva dan fungsinya.

1. Mons pubis
Bagian organ intim tempat tumbuhnya rambut kemaluan, bagian ini pada umunya akan paling menonjol dan menjadi struktur yang biasanya pertama kali terlihat di area intim wanita. Mons pubis terdiri dari kelenjar-kelenjar lemak –berfungsi sebagai bantalan saat sedang berhubungan seksual– dan kelenjar sebasea –memproduksi hormon yang berperan dalam ketertarikan seksual.

2. Labia mayora
Bibir kemaluan bagian luar yang menjadi penutup bibir kemaluan bagian dalam dan struktur organ intim lainnya. Bagian ini berupa lipatan kulit tebal dan terletak tepat di bawah mons pubis.

3. Labia minora
Bibir kemaluan bagian dalam yang juga merupakan lipatan kulit dan terletak di atas klitoris hingga ke bagian bawah vulva. Saat seseorang terangsang, bagian ini akan membesar karena meningkatnya aliran darah.

4. Klitoris
Ini adalah bagian menonjol di bagian atas vulva dan memiliki banyak ujung saraf sehingga sangat sensitif terhadap rangsangan. Saat seseorang sedang terangsang, benjolan ini akan membesar karena aliran darah akan meningkat.

5. Uretra
Uretra adalah saluran kemih. Pada vulva, air seni yang mengalir di uretra akan keluar melalui lubang kemih di bagian atas lubang vagina. Selengkapnya baca di sini.

Laporan Josephine Widya/ Sumber: Sehatq

Join Dream.co.id