Efek Pandemi, Anak Disabilitas Makin Sulit Mendapat Pendidikan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  3 Juli 2020 16:02

Sarana tak cukup bisa mengakomodir kebutuhan anak disabilitas untuk belajar dari rumah.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Belajar dari rumah mau tak mau harus dilakukan selama pandemi Covid-19. Seluruh murid di Indonesia, termasuk anak yang bersekolah di sekolah luar biasa (SLB), diminta untuk tetap berada di rumah demi menekan risiko penularan.

Faktanya, di Indonesia angka anak yang positif Covid-19 dan meninggal dunia karena virus tersebut tertinggi di Asia. Hal ini diungkapkan oleh Ciput Eka Purwianti, Asisten Deputi Bidang Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam webinar, Jumat 3 Juli 2020.

" Anak yang positif Covid-19 di Indonesia, tertinggi di Asia, paling banyak di rentang usia 6-17 tahun. Kasus meninggal mencapai 1,7 persen dan paling tinggi usia balita," kata Ciput.

Kondisi tersebut membuat Kemen PPA juga menyoroti dampak Covid-19 pada anak-anak disabilitas di mana sangat bergantung pada orang dewasa untuk bisa beraktivitas. Pasalnya, kasus Covid-19 pada anak cenderung tertular dari pengasuh atau orangtuanya.

" Dari kajian cepat Kemen PPA, temuan utamanya adalah 81 % penduduk disabilitas terdampak secara serius karena Covid. Bahwa 30 persen disabilitas memahami dan mengikuti protokol dengan disiplin dan 70 persen belum dapat mengikuti protokol kesehatan. Bisa jadi belum mendapat informasi atau fasilitas masih belum inklusi," kata Ciput.

Fasilitas kesehatan tak bisa diakses dengan mudah dan cepat. Padahal anak disabilitas membutuhkan akses terapi dan pengobatan secara rutin. Kondisi ini akan sangat berdampak pada kesehatannya.

 

Selanjutnya : Aspek Pendidikan
Streaming [Teaser] Exclusive Interview with Jamie Foxx & Joseph Gordon - Levitt di Film PROJECT POWER Netflix
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming [Teaser] Exclusive Interview with Jamie Foxx & Joseph Gordon - Levitt di Film PROJECT POWER Netflix
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :