Efek Mengerikan Bagi Bayi Bila Ibu Menyusui Pecandu Narkoba

Do It Yourself | Senin, 30 Desember 2019 18:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Pernah terdapat satu kasus kematian bayi setelah menyusu dari ibu pengguna metamfetamin.

Dream - Selama menyusui, ibu harus lebih hati-hati dan selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Hal ini untuk menghindari paparan zat negatif yang bisa dikonsumsi bayi melalui air susu ibu (ASI).

Bukan hanya asupan sehari-hari, begitu juga obat medis. Selalu konsultasikan dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat tertentu. Pasalnya, zat dalam obat bisa langsung berdampak bayi.

Bagaimana dengan ibu menyusui yang memakai narkoba? Seperti kasus Medina Zein, pengusaha yang baru saja melahirkan 9 September 2019 lalu. Melalui pemeriksaan polisi, ia diketahui positif mengonsumsi sabu-sabu.

Padahal, bayinya yang masih berusia 3 masih butuh ASI. Lalu apa dampaknya jika seorang ibu yang menyusui, memakai narkoba?

 

 

Efek Mengerikan Bagi Bayi Bila Ibu Menyusui Pecandu Narkoba
Medina Zein (Foto: Instagram Medina)
2 dari 6 halaman

Cenderung Tak Bisa Merawat dengan Baik

Dikutip dari KlikDokter, sabu atau metamfetamin dan senyawa turunananya yaitu amfetamin dapat menyebabkan sederet gejala yang sangat fatal. Antara lain, halusinasi, agitasi, kejang, psikosis, hipertensi, hipertermia, jantung berdetak lebih cepat, bergantung dengan dosis yang digunakan.

Efek samping obat tersebut menyebabkan ibu yang mengkonsumsi metamfetamin cenderung tidak bisa merawat bayinya.

Metamfetamin dapat dikeluarkan melalui air susu ibu ke bayi dalam jumlah besar. Jika tak ingin bayi juga terpapar metamfetamin, jarak antar menyusui dengan dosis terakhir metamfetamin harus setidaknya 48 jam.

 

3 dari 6 halaman

ASI Berkurang

Konsentrasi narkotika jenis ini mencapai 2,5 x lebih banyak saat dikeluarkan di air susu daripada jumlah di dalam cairan tubuh ibu. Pernah terdapat satu kasus kematian bayi setelah menyusu dari ibu pengguna metamfetamin.

Amfetamin senyawa turunan metamfetamin dapat menurunkan kadar hormon prolaktin sehingga menyebabkan produksi air susu ibu berkurang.

Bayi yang menyusu dari ibu pecandu narkotika jenis ini cenderung lebih sering gelisah, rewel dan sering menangis. Metamfetamin tidak aman dipergunakan saat kehamilan karena dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan berat badan bayi lahir rendah.

Selengkapnya baca di sini.

4 dari 6 halaman

Dukungan Ayah Jadi Penentu Kesuksesan Menyusui

Dream - Air Susu Ibu (ASI) merupakan kebutuhan utama bagi bayi baru lahir. ASI, bisa memenuhi nutrisi bayi terutama selama di 6 bulan pertama kehidupannya. Penting diketahui, meskipun proses alami tapi dibutuhkan dukungan banyak pihak agar ibu bisa memberikan ASI hingga 2 tahun.

Dukungan yang paling dibutuhkan ibu tentunya berasal dari orang terdekat, yaitu ayah. Sayangnya, saat ini sebagian besar orang beranggapan menyususi adalah tugas ibu. Ayah tak perlu terlibat dan tidak bisa.

Padahal sebaliknya, ayah justru jadi penentu keberhasilan menyusui ibu. Adakalanya ibu, mengalami penurunan produksi dan kualitas ASI, hal ini disebabkan faktor stres atau kelelahan. Dalam kondisi ini, ayah lah yang harus turun tangan.

" Ayah itu penting banget membuat ibu mendapat happy hormone, membuat ibu merasa rileks. Pada khirnya hormon bahagia berkontribusi untuk memacu hormon prolaktin yaitu hormon pelancar ASI," kata dr. Ameetha konselor laktasi dalam talkshow bersama Lactaboost di Jakarta, 1 Agustus 2019.

5 dari 6 halaman

Penting Dilakukan Ayah

Ada banyak hal yang bisa dilakukan ayah untuk mendukung ibu menyusui. Apa saja?

- Menemani istri dalam memperoleh informasi yang benar seputar menyusui
- Memberi dukungan kepada istri agar tetap semangat menyusui
- Memberikan pijatan di bagian punggung istri, agar merasa rileks dan membantu memperlancar ASI
- Lebih banyak menghabiskan waktu bersama buah hati
- Tidak takut untuk terlibat dan juga belajar dalam proses menyusui
-  Memastikan bahwa istri memiliki asupan nutrisi yang cukup pada saat menyusui

6 dari 6 halaman

Suplemen

Selain mendapatkan dukungan dari ayah, mengonsumsi suplemen menyusui juga dianjurkan. Terutama bagi ibu yang produksi ASI-nya sedang menurun. Salah satu suplemen yang dianjurkan yaitu yang mengandung daun katuk.

" Daun katuk juga memiliki segudang manfaat, yaitu vitamin A,B,C,K dan pro vitamin A (betakaroten), kalsium, fosfor, zat besi dan serat, serta antioksidan. Namun manfaat optimal dari daun katuk baru bisa didapat apabila Ibu mengkonsumsi sebanyak minimal 200mg daun katuk sebanyak 3 kali sehari," kata Maharani Anindita, brand Manager Andalan Nutrisi.


Laporan Vika Novianti Umar

Join Dream.co.id