Efek Dahsyat Susui Bayi 1 Jam Setelah Persalinan

Do It Yourself | Kamis, 2 Agustus 2018 16:12
Efek Dahsyat Susui Bayi 1 Jam Setelah Persalinan
Ibu Menyusui (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan menunda dan mintalah dukungan dari berbagai pihak untuk belajar menyusui bayi.

Dream - Menyusui memang fitrah dari seorang ibu yang baru saja melahirkan. Tuhan sudah menciptakan mekanisme sedemikian rupa agar tubuh ibu memproduksi air susu setelah melahirkan.

Namun, proses awal menyusui bukanlah hal mudah. Penyesuian harus dilakukan ibu untuk menemukan posisi menyusui yang pas. Rasa perih, hingga lecet dan berdarah di payudara kerap terjadi. Belum lagi si kecil yang juga masih belajar menyusui dan kerap menangis.

Untuk itu masa-masa satu jam pertama ibu menyusui bayinya merupakan momen genting dan menentukan kehidupan bayi. Nutrisi pertama bayi berasal dari ASI. Jika proses menyusui tak berjalan lancar, maka kondisi kesehatannya bisa bermasalah.

Hal ini pun dibuktikan dengan penelitian yang dirilis oleh UNICEF dan WHO. UNICEF melaporkan bahwa, menyusui selama satu jam pertama setelah bayi lahir sangat penting untuk menyelamatkan hidup yang baru lahir. Sayangnya, sebanyak tiga dari lima (sekitar 78 juta) bayi di seluruh dunia tidak diberikan kesempatan.

Analisis lima studi dari empat negara mengungkapkan bayi yang baru lahir baru mulai menyusui 2 hingga 23 jam setelah dilahirkan. Kondisi tersebut membuat berisiko 33 persen lebih besar mengalami masalah kesehatan serius dibandingkan dengan bayi yang mulai menyusui setelah satu jam kelahiran.

Di Tanzania, misalnya, dengan menunda pemberian ASI lebih dari satu jam, bayi mengalami peningkatan risiko batuk dan kesulitan bernapas dalam enam bulan pertama kehidupan mereka.

Menempatkan bayi ke payudara juga mengawali kontak kulit ke kulit yang membantu bayi untuk mengatur suhu tubuh mereka dan memaparkan bayi bakteri baik untuk menjaga kesehatannya.

Bakteri baik tersebut membantu membangun sistem kekebalan bayi dan memberikan perlindungan dari penyakit menular. Penting bagi berbagai pihak untuk mendukung ibu menjalani proses-proses awal menyusui yang tak mudah.

Sumber: KidSpot

Join Dream.co.id