#DreamTestPack, Dokter Ungkap Fakta Soal 'Sperma Encer'

Do It Yourself | Senin, 8 Maret 2021 08:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan membuat kesimpulan sendiri.

Dream - Masalah kesuburan bukan hanya dialami oleh kaum perempuan. Para pria juga bisa mengalaminya. Salah satu masalah yang kerap mengundang rasa penasaran dan pertanyaan adalah soal kondisi sperma yang encer.

Seperti salah satu pertanyaan dalam program konsultasi kesuburan #DreamTestPack. Pertanyaan tersebut berisi seputar kondisi sperma pasangan yang dirasa encer dan dianggap bisa menghambat kehamilan.

Dokter Upik Anggraheni P. SpOG, Konsultan Fertilitas dari RS Pondok Indah IVF Center memberikan penjelasan. Menurutnya, dalam istilah medis tak ada ada sperma encer. Kualitas sperma hanya bisa diketahui dari pemeriksaan analisa sperma di laboratorium

" Sperma encer itu adalah bahasa awam, mungkin didefinisikan sebagai sperma yang jumlahnya kurang atau pergerakannya kurang atau bentuk normalnya kurang. Sperma encernya harus diketahui secara pasti lebih dahulu maksudnya apa. Apakah jumlahnya, pergerakannya atau bentuknya, semua itu hanya bisa dilihat dengan analisa sperma," ujar dr. Upik.

 

 

#DreamTestPack, Dokter Ungkap Fakta Soal 'Sperma Encer'
Analisa Sperma (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Analisa Sperma

Pada pasangan yang sedang menantikan buah hati dan ingin menjalani program hamil, penting untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Pemeriksaan ini salah satunya adalah analisa sperma. Calon ayah diminta untuk mengeluarkan sperma yang bakal dianalisa jumlahnya, bentuk dan pergerakannya.

Hindari melakukan kesimpulan sendiri terkait kondisi sperma. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter spesialis kesuburan untuk mengetahuinya.

" Ada juga pasien yang selalu berpikir sperma suaminya konsistensinya tidak kental sehingga dikatakan encer padahal itu tidak membuktikan kesehatan sperma secara objektif. Dari analisis sperma, akan didapatkan jumlah, bentuk dan pergerakannya. Setelah itu dokter akan mengevaluasi masalahnya," ungkap dr. Upik

 

3 dari 5 halaman

Lihat penjelasan dr. Upik selengkapnya soal sperma encer

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

Punya pertanyaan seputar kesuburan? Isi saja formulir ini, nantinya para dokter pakar kesuburan akan menjawab pertanyaan kamu di Instagram @Dreamcoid

© Dream
4 dari 5 halaman

#DreamTestPack: Bagi yang Program Hamil Kurangi Makan Daging Berlemak

Dream - Memperbaiki pola hidup jadi lebih sehat sangat dianjurkan bagi pasangan yang ingin segera mendapat momongan. Sedang menjalani program hamil (promil) dengan pasangan?

Bisa memulainya dengan memperbaiki menu makanan sehari-hari. Dokter Upik Anggraheni P., Sp.OG-KFER dari RSPI (Rumah Sakit Pondok Indah) IVF Centre, memberikan panduan asupan nutrisi penting bagi Sahabat Dream yang ingin menjalani program hamil dalam #DreamTesPack.

" Kalau untuk promil sama prinsipnya seperti membangun rumah jadi bahannya harus berkualitas dong. Jadi nutrisi pra konsepsi tentunya penting, yang penting adalah pola hidup sehat," ujar dr Upik dalam video #DreamTestPack.

Penuhi kebutuhan tubuh akan makronutrien dan mikronutrien. Untuk makronutien seperti yang kita tahu ada karbohidrat, protein dan lemak.

" Karbohidratnya yang tinggi serat. Misalnya gandum, kacang-kacangan, bayam atau atau oatmeal. Untuk protein diusahakan protein nabati, seperti kacang-kacangan, karena banyak mengandung protein baik dan mudah diserap tubuh," kata dr. Upik.

Rupanya, jika ingin program hamil tak disarankan untuk mengonsumsinya banyak daging merah. Tak dilarang, tapi porsinya harus dibatasi.

" Daging boleh tapi mungkin dibatasi konsumsinya 60 sampai 65 gram sehari, hindari lemak yang ada di daging. Untuk lemak yang bagus bagaimana? Lemak yang utuh misalnya seperti susu, pilihnya jangan susu low fat," pesan dr. Upik.

 

5 dari 5 halaman

Penjelasan dr Upik Selengkapnya

 

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 Punya pertanyaan seputar kesuburan? Isi saja formulir ini, nantinya para dokter pakar kesuburan akan menjawab pertanyaan kamu di Instagram @Dreamcoid

© Dream
Join Dream.co.id