Dokter Buat Playdough 'Hamil' untuk Jelaskan Operasi Caesar Pada Putranya

Do It Yourself | Selasa, 1 Desember 2020 12:03
Dokter Buat Playdough 'Hamil' untuk Jelaskan Operasi Caesar Pada Putranya

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak ada gambar menyeramkan penuh darah, anak bisa tahu bagaimana operasi caesar dilakukan.

Dream - Menjelaskan persalinan melalui operasi caesar pada anak balita, tentunya bukan hal yang mudah. Tantangannya adalah menggunakan konsep permainan dan cara kreatif, seperti yang dilakukan seorang ibu yang juga seorang dokter bernama Jessica So.

Dokter spesialis kulit yang tinggal di California, Amerika Serikat ini membuat playdough berlapis-lapis yang menyerupai perut dan rahim ibu hamil. Mainan tersebut sengaja dibuat, menyambut ulang tahun anaknya yang ke-4.

Sang anak lahir melalui operasi caesar. Untuk mengenang momen persalinan di meja operasi, dr. Jessica membuat #playdoughsurgery versi caesar.

 Operasi caesar
© Shutterstock

" Si kecil kami baru saja berulang tahun (big 4!), kami mengenang hari penting yang tak terduga ketika dia lahir dan kesibukan luar biasa orang-orang yang terlibat dalam persalinannyam" tulis dr. Jessica di akun Instagramnya.

Ia juga bercerita pada putranya kalau dokter dan tenaga kesehatan yang membantu persalinan melalui operasi seperti pahlawan super. Punya 'kekuatan' yang membantu orang lain.

" Pahlawan super adalah topik umum di rumah kita hari ini. Kami berbicara tentang bagaimana menjadi pahlawan super tidak hanya tentang memiliki kekuatan atau kemampuan super - pahlawan dibuat dengan menggunakan kekuatan apa pun yang mereka miliki untuk membantu orang lain, seringkali dengan mengorbankan banyak pengorbanan dan risiko bagi diri mereka sendiri. Kepada OB / GYN dan FM / OB yang menggunakan kekuatan super mereka untuk ibu dan bayi ajaib mereka (bersama tim bidan, staf L & D!) - Anda adalah pahlawan," ungkap dr Jessica.

 

 

2 dari 6 halaman

Videonya Viral

Tak disangka, video yang dibuat dr Jessica menjadi viral dan menginspirasi banyak orang. Terutama para orangtua yang ingin menjelaskan soal operasi caesar pada anaknya lewat permainan dan bukan gambar yang menyeramkan.

Lihat saja videonya. Mungkin bisa juga jadi inspirasi untuk membuat permainan di rumah menggunakan playdough.

      View this post on Instagram      

A post shared by The Breakfasteur (@thebreakfasteur)

 

3 dari 6 halaman

6 Bulan Pasca Melahirkan Hormon Baru Kembali Normal

Dream - Segera setelah dua garis merah muda itu muncul pada tes kehamilan, hormon ibu mendapatkan 'pesan' bahwa ada sesuatu yang berbeda. Progesteron dan human chorionic gonadotropin (hCG) mulai memompa untuk memberi sinyal pada tubuh untuk menghentikan produksi pada periode menstruasi berikutnya, dan mulai membentuk kelompok sel itu menjadi janin.

Seperti yang mungkin sudah ketahui, saat hormon mulai bekerja, ibu akan mengalami gejala awal kehamilan seperti mual, kelelahan, dan nyeri payudara. Saat kehamilan berlanjut, tubuh kita menghasilkan estrogen dan progesteron dalam jumlah yang luar biasa.

" Kedua hormon ini adalah kunci untuk menciptakan dopamin dan serotonin, dua neurotransmiter di otak yang penting untuk merasa tenang dan bahagia," ujar Aumatma Shah, spesialis kesuburan dan dokter naturopati di Pusat Kesuburan Holistik Bay Area, dikutip dari Parents.

 

4 dari 6 halaman

Perubahan Hormon

Inilah sebabnya mengapa banyak wanita merasa luar biasa saat hamil. Kehamilan menawarkan lonjakan hormon dan neurotransmiter yang membantu kita merasa hebat. Nah, hormon berubah drastis setelah melahirkan.

Salah satunya menyebabkan emosi yang menggila setelah melahirkan. Berikut ini tahapannya dan hormon cenderu stabil setelah 6 bulan setelah melahirkan.

Hormon pada 3 hingga 6 minggu setelah melahirkan
Setelah beberapa minggu pertama berlalu, ibu mungkin mulai merasakan emosi seperti rollercoaster, ibu pun kurang tidur. Tiga minggu pertama adalah sedikit gangguan tidur dan emosi karena sistem hormon sebagian besar berjalan pada aktivasi adrenalin untuk menggerakkan ibu sepanjang hari.

Sekitar enam minggu, katanya, gejala depresi pascapersalinan mungkin mulai terlihat karena hormon pasca melahirkan yang positif terus memudar. Perubahan yang harus diperhatikan dengan seksama adalah tidak ingin mandi, takut meninggalkan bayi dengan orang lain, tidak bisa tidur nyenyak karena terus memeriksa bayi, dan kurangnya keinginan untuk hal lain seperti makan, minum, berada di sekitar orang, serta meninggalkan rumah.

 

5 dari 6 halaman

Hormon 3 bulan setelah melahirkan

Tiga bulan setelah melahirkan, ibu mungkin memiliki rutinitas yang ditetapkan untuk bayi. Namun hormon tiga bulan pascapersalinan masih bekerja keras agar bisa kembali normal setelah lahir.

" Sekitar dua hingga tiga bulan pascapersalinan, hormon mulai kembali ke tingkat sebelum kehamilan. Namun, seringkali kortisol meningkat karena banyak penyebab stres yang baru karena memiliki bayi yang masih kecil," ujar Shah.

Kurang tidur berkontribusi pada peningkatan kadar kortisol atau hormon stres. Perubahan hormon pascapartum ini terkadang dapat berdampak negatif pada suasana hati.

 

6 dari 6 halaman

Hormon 6 bulan pasca persalinan

Perubahan terbesar yang terjadi pada hormon setelah enam bulan pascapersalinan adalah penurunan hormon prolaktin, yang merupakan hormon pembuat susu. Hormon ini tetap tinggi saat menyusui.

Ketika bayi mulai belajar makan, hormon prolaktin akan turun. Bahkan jika ibu terus menyusui melewati batas enam bulan. Permintaan bayi akan susu kemungkinan besar masih diatur dengan baik pada titik ini.

Kapan hormon kembali normal?
Enam bulan pascapersalinan adalah perkiraan yang baik kapan hormon akan kembali normal. Ini juga terjadi saat ibu mengalami menstruasi pertama setelah melahirkan. Pada enam bulan, perubahan hormonal pascapartum dalam estrogen dan progesteron harus disetel ulang ke tingkat sebelum kehamilan.

Hormon kesuburan juga sudah mulai aktif, yang akan memicu siklus menstruasi lagi. Dalam masa ini ada kemungkinan ibu hamil lagi jika tak menggunakan kontrasepsi.

 

Join Dream.co.id