Deretan Perlengkapan Penting untuk Ruang Laktasi Ideal

Do It Yourself | Selasa, 28 Januari 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

Ruang laktasi sangat dibutuhkan oleh para ibu yang baru saja melahirkan dan ingin memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan.

Dream - Keberadaan ruang laktasi di berbagai gedung atau tempat umum kini jadi fasilitas yang jadi pertimbangan penting para ibu menyusui. Terutama, fasilitas ruang memompa air susu ibu (ASI) di kantor.

Bagi perusahaan yang mempekerjakan perempuan, wajib menyediakan ruang laktasi. Hal ini dilindungi hukum, yaitu Pasal 128 Undang-Undang No:36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Isi pasal tersebut adalah " Selama pemberian ASI, keluarga, pemerintah dan masyarakat harus mendukung penuh penyediaan waktu dan fasilitas khusus di tempat kerja dan sarana umum" .

Ruang laktasi sangat dibutuhkan oleh para ibu yang baru saja melahirkan dan ingin memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan. Ruangan akan digunakan untuk memerah ASI, dan tentunya harus bersifat tertutup. Tak boleh di kamar mandi karena di sana banyak sekali bakteri.

 

Deretan Perlengkapan Penting untuk Ruang Laktasi Ideal
Pompa ASI (Foto: Shutterstock)
2 dari 2 halaman

Daftar Perlengkapan untuk Ruang Laktasi

Saat menyiapkan ruang laktasi, hal yang paling penting adalah ruangan itu harus mampu melindungi ibu saat memompa ASI agar merasa nyaman. Sebenarnya, ada juga perlengkapan yang sangat dibutuhkan untuk ruang laktasi yang ideal.

Berikut daftar perlengkapan penting untuk ruang laktasi

- Kursi yang nyaman
- Permukaan datar untuk memompa payudara, seperti meja panjang
- Akses mudah ke outlet listrik untuk pompa ASI listrik
- Kunci di pintu dan/ atau tanda yang bertuliskan " ditempati" atau memperingatkan orang yang lewat bahwa ruangan tersebut sedang digunakan
- Wastafel untuk membilas bagian pompa dengan sabun dan handuk kertas
- Tisu kering dan tisu anti bakteri untuk membersihkan meja dan tangan
- Kulkas kecil untuk menyimpan ASI

Sumber: VeryWell

Join Dream.co.id