Dampingi Buah Hati Sekolah di Rumah, Ketahui Tipe Gaya Belajar Anak

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  5 Agustus 2020 08:08

Tiap anak memang memiliki gaya belajar yang berbeda sesuai dengan kepribadiannya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sejak Maret 2020, sekolah ditutup dan seluruh murid mulai dari playgroup hingga tingkat Universitas diminta belajar dari rumah. Pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran secara drastis dalam sekejap.

Sekolah dilakukan secara jarak jauh dan mau tak mau orangtua harus turun tangan mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Terutama pada anak yang masih butuh pendampingan.

Sebagian orangtua kewalahan menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ), karena tak biasa menghadapi anak saat belajar dan menerima materi. Salah satu cara untuk membuat PJJ efektif adalah mengetahui gaya belajar anak. Tiap anak memang memiliki gaya belajar yang berbeda sesuai dengan kepribadiannya.

Penting bagi orangtua mencari tahu gaya belajar anak agar proses belajar menjadi lebih efektif. Yuk, kenali tipe gaya belajar anak.

1. Visual (spatial)
Gaya belajar visual ditandai dengan preferensi anak belajar dengan menggunakan gambar, grafik, warna, imajinasi visual, dan spasial. Bila anak lebih cepat paham saat melihat bagan, grafik bisa jadi ia merupakan orang dengan gaya belajar visual.

Media belajar yang cocok adalah mengembangkan mindmap, menggunakan flashcard bergambar, atau melalui video. Mulailah membuat catatan dengan warna yang menarik dan beberapa contoh gambar, agar bisa melatih kreativitas dan belajar dengan efektif.

 

 

Selanjutnya : 2. Aural (auditory)
Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :