Ciri-ciri Kondisi Tubuh Subur dan Bisa Cepat Hamil

Do It Yourself | Selasa, 23 Februari 2021 12:04
Ciri-ciri Kondisi Tubuh Subur dan Bisa Cepat Hamil

Reporter : Mutia Nugraheni

Aspek kesuburuan sebenarnya bisa dilihat dari kondisi sehari-hari jika kita lebih memperhatikannya dengan seksama.

Dream - Kesuburan dan kesehatan reproduksi seorang perempuan, akan sangat berdampak pada kemungkinannya untuk cepat mengandung. Untuk mengetahui kondisi kesuburan dan reproduksi secara detail, harus dilakukan pemeriksaan medis.

Bagi Sahabat Dream yang akan menikah dan ingin segera hamil atau sedang gencar merencanakan kehamilan, penting untuk mengetahui kesehatan reproduksi. Aspek kesuburuan sebenarnya bisa dilihat dari kondisi sehari-hari jika kita lebih memperhatikannya dengan seksama.

Ada beberapa ciri kesuburan dalam kondisi baik. Berikut tanda-tandanya, dikutip dari Sehatq:

1. Siklus haid normal
Siklus haid yang teratur normalnya akan terjadi setiap 24 hingga 35 hari sekali setiap bulannya. Hal tersebut merupakan ciri sistem resproduksi berjalan baik, karena hormon telah bekerja dengan baik untuk mengeluarkan sel telur (ovum) setiap bulan.

Setiap wanita memiliki patokan haid yang berbeda. Untuk itu, perlu untuk memeriksa apakah siklu menstruasi termasuk normal atau tidak, dengan cara mulai mencatat kapan hari pertama haid dan biasanya selesai berapa lama

2. Masa ovulasi mudah diprediksi
Ovulasi adalah masa pelepasan sel telur matang dari indung telur (ovarium) ke tuba fallopi untuk siap dibuahi. Masa ovulasi umumnya terjadi sekitar 14-15 hari dari hari pertama menstruasi terakhir. Pada rentang waktu inilah seorang wanita dikatakan menunjukkan ciri-ciri paling subur dan gampang hamil setelah berhubungan intim.

 

2 dari 5 halaman

Berat Badan

3. Keluarnya keputihan yang normal
Keputihan yang normal biasanya berwarna putih jernih atau bening dan agak lengket, serta tidak bau. Adanya keputihan ini juga menjadi ciri bahwa wanita sedang berada pada masa suburnya. Selama ovulasi tubuh wanita memproduksi lebih banyak estrogen guna mematangkan sel telur. Keputihan yang terasa lebih kental ini hadir untuk memudahkan sperma berenang menuju sel telur.

4. Berat badan ideal
Berat badan yang tidak ideal lebih berisiko untuk mengalami masalah kesuburan. Seperti wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas dengan cadangan lemak tubuh yang berlebih dapat mengganggu produksi hormon pengatur ovulasi dan hormon yang bertugas menjaga kehamilan. Begitu pula jika berat badan sangat kurang atau terlalu kurus dapat mengalami ketidakseimbangan hormon yang menghambat ovulasi dan membuat menstruasi berhenti total.

 

3 dari 5 halaman

Gairah Seksual

5. Memiliki gairah seks yang tinggi
Wanita subur cenderung memiliki libido atau gairah seks yang tinggi, karena wanita yang tidak subur akan cenderung menganggap seks merupakan aktivitas yang percuma karena tak kunjung menghasilkan keturunan.

Libido dan gairah seks memang tidak secara langsung berkaitan dengan kesuburan wanita. Namun, gairah yang tinggi membuat dorongan untuk berhubungan seks jadi ikut tinggi. Jadi semakin sering berhubungan seks, makin besar peluang untuk hamil.

6. Tidak merokok
Tidak merokok adalah salah satu ciri lain dari wanita yang subur. Sebab, merokok memengaruhi setiap tahapan proses reproduksi, baik pada pria maupun wanita. Antara lain dapat menyebabkan kerusakan pada DNA sel telur, merusak ovarium, menghasilkan lebih sedikit sel telur yang kurang berkualitas, produksi hormon pendukung kehamilan terganggu, memperlambat gerak sel telur yang telah dibuahi untuk mencapai rahim serta menggagalkan ovulasi.

Selengkapnya baca di sini

Laporan Yuni Puspita Dewi

4 dari 5 halaman

Rutin Konsumsi Vitamin B12 untuk Menjaga Level Kesuburan

Dream - Masalah kesuburan bukan hanya terjadi pada kaum perempuan tetapi juga laki-laki. Banyak yang tak tahu kalau salah satu penyebab utama masalah kesuburan atau sulit hamil adalah kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

Beberapa penelitian mengungkap kadar B12 yang rendah dalam tubuh dapat memengaruhi kesuburan baik pada laki-laki dan perempuan. Jika Sahabat Dream telah mencoba untuk hamil untuk waktu yang lama sekarang tanpa hasil, bisa jadi salah satu alasannya mungkin karena kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

Apa itu Vitamin B12?
Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu berfungsinya otak dan sistem saraf. Ini adalah vitamin B terbesar dan sangat penting untuk metabolisme sel-sel tubuh. Selain itu, vitamin ini memainkan peran utama dalam memproduksi komponen genetik DNA dan RNA dari telur serta sperma.

Saat tubuh Anda kekurangan B12, maka dapat mengakibatkan konsekuensi serius. Seperti kelemahan, kehilangan ingatan, infertilitas, anemia, masalah neurologis atau kejiwaan. Berikut adalah bagaimana kekurangan Vitamin B12 mempengaruhi laki-laki da perempuan.

 

5 dari 5 halaman

Efeknya Pada Pria dan Wanita

1. Pada Pria
Vitamin B12 memainkan peran penting dalam pembentukan dan pematangan sperma. Pria yang menderita masalah kesuburan harus mempertimbangkan mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B12 dalam tubuh mereka. Kekurangan vitamin ini dapat secara negatif mempengaruhi jumlah sperma atau menyebabkan jumlah sperma rendah, kerusakan DNA dalam sel sperma, hilangnya libido dan ejakulasi dini

2. Pada perempuan
Perempuan yang kekurangan vitamin B12 bisa membuatnya sulit untuk hamil. Jika kehamilan terjadi dan level vitamin sangat minim pada tubuh akan meningkatkan risiko keguguran. Efeknya juga antara lain gangguan pada pembelahan sel normal serta perkembangan sel telur terganggu.

Untuk mendapat asupan B12, perbanyak konsumsi hati sapi daging sapi, kerang, yogurt, susu, telur dan ikan tuna. Pertimbangkan juga mengonsumsi suplemen vitamin B. Berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk tahu dosis yang tepat.

Sumber: Firstcry

 

Join Dream.co.id